Mahasiswa dan Siswa SMK Ketapang Ikuti Pelatihan Jurnalistik oleh AJK

Mahasiswa dan pelajar berfoto bersama pemateri usai acara pelatihan jurnalistik di gedung KNPI Ketapang, Jumat (15/9/2023) sore. [SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar)- Puluhan mahasiswa dan siswa SMK di Kabupaten Ketapang mendapat pelatihan jurnalistik dari Aliansi Jurnalis Ketapang di gedung KNPI Ketapang, Jumat (15/9/2023) sore.

Mereka dikenalkan dengan cara kerja jurnalis profesional yang bekerja di media massa, termasuk di dalamnya pelatihan dasar dalam menulis berita dan fotografi jurnalistik.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ketapang Santo Matius yang difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

Ketua Presidium PMKRI Ketapang, Kevin Pantura mengatakan, acara kali ini menjadi salah satu program kerja mereka, guna menambah pengetahuan dalam dunia jurnalistik.

“Sesuai tema kita, acara ini bertujuan agar dapat terbentuk pers mahasiswa yang kreatif dan kritis demi mewujudkan jurnalis muda yang independen,” paparnya.

Kevin menambahkan, peserta pelatihan jurnalistik tersebut tak hanya dari pengurus PMKRI Ketapang, namun juga diikuti dari organisasi mahasiswa lain seperti HMI, GMNI hingga siswa SMK.

Sementara itu, salah seorang pemateri pelatihan jurnalistik, Agustiandi, mengaku senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang dunia jurnalistik kepada para peserta.

Menurutnya, untuk menjadi seorang wartawan, modal utamanya adalah rajin membaca. Jadikan membaca menjadi aktivitas rutin dalam kehidupan sehari-hari. Dengan banyak membaca dapat memperkaya kosa kata seorang penulis.

Agustiandi menambahkan, untuk menjadi seorang penulis, harus memiliki keterampilan dalam mendengar bahasa lisan dan merasakan suasana ke dalam bentuk tulisan, termasuk di dalamnya memilih diksi, ejaan dan tanda baca.

“Walaupun waktunya singkat, mudah-mudahan teman-teman mahasiswa, para pelajar ini dapat menyerap ilmu jurnalistik yang kita paparkan,” ucap jurnalis Suara Ketapang tersebut.

Acara yang bertajuk seminar jurnalistik kebangsaan tahun 2023 itu dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang, Muhtar Efendi.

Selain diisi langsung oleh jurnalis yang bekerja di perusahaan media massa, pelatihan jurnalistik itu juga diisi oleh wakil Ketua KNPI Ketapang, Erasmus Canaga dan jurnalis warga PMKRI Ketapang Dicky.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS