Cita Rasa Lemang Khas Kalbar, Kuliner yang Menggoda Lidah

Ilustrasi lemang bambu. [Suara.com/Alfian Winanto]

Pontianak (Suara Kalbar)- Kalimantan Barat, salah satu provinsi di Indonesia, dikenal karena kekayaan budaya, alam yang memesona, dan kuliner yang beragam. Di antara berbagai hidangan tradisional, lemang adalah salah satu yang paling ikonik dan lezat.

Melansir dari Suara.com, Sabtu (30/9/2023), lemang adalah cemilan khas yang membawa identitas kuliner Kalimantan Barat. Meskipun terbuat dari bahan dasar sederhana, yaitu beras ketan dan santan, keunikan lemang terletak pada cara penyajiannya yang istimewa. Keterampilan dalam mempersiapkan dan memasak lemang adalah yang membuatnya begitu istimewa.

Proses pembuatan lemang dimulai dengan mencampur beras ketan dengan santan yang telah dibumbui dengan garam. Campuran ini kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang telah dibersihkan dan diberi pelapis daun pisang.

Bambu yang berisi campuran beras ketan, santan, dan garam ini secara tradisionalnya dipanggang di atas bara api. Proses pemanggangan memakan waktu cukup lama dan memerlukan perhatian khusus agar lemang tidak terbakar.

Setelah berjam-jam proses pemanggangan, lemang akhirnya siap untuk dinikmati. Bambu yang digunakan untuk memasak lemang memberikan aroma harum yang khas dan menjadikan hidangan ini semakin lezat.

Ketan yang ada di dalam bambu mengembang dan menjadi padat, dengan tambahan rasa gurih yang nikmat dari santan.

Lemang biasanya disajikan sebagai hidangan pelengkap dalam berbagai acara adat dan perayaan di Kalimantan Barat. Karena sering disajikan dalam jumlah besar, lemang ideal untuk berbagi dengan banyak orang. Beberapa orang menyukai kombinasi lemang dengan hidangan lain seperti rendang, ayam bakar, atau gulai khas Kalimantan Barat.

Selain sebagai hidangan yang lezat, lemang juga memiliki makna budaya yang mendalam. Proses pembuatannya yang memakan waktu dan kesabaran mengajarkan nilai-nilai seperti keuletan dan kerja keras. Lemang juga sering digunakan dalam berbagai upacara adat, seperti pernikahan atau penyambutan tamu penting, sehingga memiliki peran penting dalam budaya Kalimantan Barat.

Lemang, dengan cita rasa yang kaya dan makna budaya yang mendalam, adalah salah satu kekayaan kuliner yang memperkaya warisan budaya Kalimantan Barat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS