Bank Mini di Sekolah, Inisiatif Didikbud dan BPD Kalbar untuk Literasi Keuangan Siswa

Launching Bank Mini ditandai dengan pemotongan pita yang turut disaksikan secara langsung oleh Kepala Instansi Vertikal dari Perbankan dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kalbar.[ANTARA]

Pontianak (Suara Kalbar)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat telah meluncurkan program Bank Mini di setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsi ini. Program ini bertujuan untuk menjadi sumber belajar dan tempat praktik bagi siswa dalam memahami dunia perbankan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat, Rita Hastarita, menjelaskan bahwa program Bank Mini di seluruh SMK Kalimantan Barat merupakan inisiatif dari Gubernur Kalbar untuk memfasilitasi pembelajaran perbankan bagi siswa. Beberapa SMK memiliki jurusan terkait pengelolaan keuangan, seperti akuntansi, sehingga program ini menyediakan tempat praktik dan membangun Bank Mini di seluruh SMK.

“Program Bank Mini di seluruh SMK se-Kalbar ini merupakan arahan dari Gubernur Kalbar untuk pembelajaran perbankan bagi siswa. SMK ada jurusan yang terkait dengan pengelolaan keuangan yaitu akuntansi, sehingga dalam kami menyediakan tempat praktik dan dibangunlah Bank Mini di seluruh SMK,” katanya melansir dari ANTARA, Rabu(6/9/2023).

Rita mengungkapkan kegiatan ini terjalin atas kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank Kalbar. Peluncuran program Bank mini ini di fokuskan di SMK Negeri 3 Pontianak.

Dalam pelaksanaannya, kata Rita, tidak hanya siswa yang diwajibkan dalam membangun Bank Mini namun para guru juga harus ikut andil membangun Bank Mini di sekolahnya.

“Memang nanti yang melaksanakan kegiatan merupakan siswa, namun guru juga kami minta ikut serta dalam membangun Bank Mini, jadi artinya nasabahnya itu nanti dari guru maupun dari pelajar,” tuturnya.

Rita juga menyebutkan pada peluncuran Bank Mini hari ini, ada 21 SMK Negeri di Kalbar. “Jadi hari ini 21 sekolah yang melaksanakan launching Bank Mini, sisanya bertahap bersama Bank Kalbar, untuk melaksanakan pelatihan sehingga nanti secara bertahap ini seluruhnya dari 118 SMK itu membangun Bank Mini, setelah tuntas nanti baru SMA,” kata dia.

Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Plh. Sekda Kalbar), Alfian Salam, berharap, program ini menjadi salah satu sumber belajar dan tempat praktik siswa untuk melakukan penerapan ilmu perbankan, yang mana aktivitas perbankan ini dapat dilakukan dalam sebuah miniatur bank yang berada di lingkungan sekolah.

Alfian mengatakan, launching Bank Mini ini sebagai bentuk upaya memberikan pemahaman dan melatih para siswa terkait ilmu keuangan maupun perbankan.

Alfian berharap, dengan adanya launching Bank Mini ini dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan para siswa sejak dini, serta memberikan dorongan menabung.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS