Viral, Aksi Heroik Anggota TNI AD di Sungai Pinyuh Selamatkan Sang Merah Putih saat Ruko Ambruk Dilahap Api

Penampakan Kopral Dua Usyransyah, Babinsa Koramil 1201-02/Sungai Pinyuh, Kodim 1201/Mempawah, saat menyelamatkan Sang Merah Putih ketika Pasar Sungai Pinyuh terbakar hebat, Kamis (3/8/2023). Videonya tayang di @dailypontianak yang berujung viral. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Tangkapan Layar

Mempawah (Suara Kalbar) – Peristiwa kebakaran puluhan ruko dan rumah di Pasar Beringin Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (3/8/2023), menyisipkan kisah heroik.

Di sela-sela upaya petugas damkar, TNI-Polri dan masyarakat berjibaku memadamkan si jago merah, ada pemandangan membanggakan sekaligus mengharukan dari seorang prajurit TNI.

Kisah yang membangkitkan semangat patriotisme ini bermula ketika ada bendera merah putih yang terjatuh di tanah akibat ambruknya bangunan ruko saat kebakaran besar terjadi di Pasar Sungai Pinyuh, pagi tadi.

Melihat itu, seorang prajurit yang tengah berjaga mengamankan lokasi dengan sigap menyelamatkan Sang Saka Merah Putih yang kondisinya basah dan kotor di bawah puing-puing ruko saat proses pemadaman berlangsung.

Bendera kebanggaan Bangsa Indonesia itu pun langsung ia bersihkan dan diikat di leher sang prajurit, dan kemudian sang prajurit kembali melanjutkan tugasnya membantu mengamankan lokasi kebakaran.

Aksi heroik ini pun terekam kamera dan videonya di unggah oleh salah satu akun media Instagram @dailypontianak dan mendapat ribuan respon haru dari berbagai masyarakat.

Berbagai komentar di ucapkan oleh netizen, beberapa di antaranya “Langsung merinding melihat video ini… TNI akan selalu bersama rakyat, bangga dan hormat kepada bapak Babinsa tersebut,” ucap salah satu artis Kalbar @kamilonte.

Setelah ditelusuri identitas prajurit tersebut diketahui bernama Kopral Dua Usyransyah yang bertugas sebagai Babinsa Koramil 1201-02/Sungai Pinyuh, Kodim 1201/Mempawah.

Ketika dikonfirmasi via telepon selular, Kopda Usyransyah membenarkan bahwa sosok viral dalam video yang beredar di media sosial adalah dirinya.

Ia mengaku aksi tersebut dilakukan spontan saat tengah melakukan pengamanan lokasi kebakaran saat proses pemadaman berlangsung.

“Pada saat petugas memadamkan api, saya melihat ada bendera merah putih di bawah reruntuhan ruko yang ambruk saat kebakaran tadi. Nah saya langsung reflek mengambil dan membersihkannya,” ungkap Kopda Usyransyah.

Sang Babinsa ini pun tak mengetahui siapa yang merekam dirinya ketika tengah mengambil bendera merah putih saat kebakaran terjadi.

“Tahunya saya video ini viral di media sosial. Tidak tahu saya siapa yang merekam dan mengunggahnya di internet,” ungkap Kopda Usyransyah.

Hingga berita ini ditayangkan, video viral aksi heroik Kopda Usyransyah terus menuai pujian banyak masyarakat di media sosial.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version