Opini  

Proses dari Sebuah Kemauan dan Tekad

Bayu

Oleh: Bayu, M.Pd

Setiap orang memiliki keinginan, tujuan, dan kebutuhan untuk dicapai. Jelas, diperlukan kemauan, tekad, kerja keras, dan disiplin agar keinginan, tujuan, dan kebutuhan tersebut terpenuhi dengan baik.

Jadi, saat kita memiliki keinginan, tujuan, dan kebutuhan; maka, kita harus memiliki disiplin yang hebat untuk membangun energi kemauan dan tekad di dalam diri, kemudian secara konsisten fokus pada apa yang kita inginkan dengan sepenuh hati dan totalitas.

Kemauan dan tekad yang muncul dari kesadaran murni mampu menciptakan perubahan dalam satu hari. Jadi, kalau kita ingin perubahan, miliki tekad dan kemauan yang hebat dari kesadaran murni kita, sehingga saat itu juga proses perubahan bisa kita mulai dan perubahan itu dimulai dari dalam diri kita.

Ketika kita berada di dalam zona nyaman dan semua keadaan hidup kita berjalan secara normal, maka kita sulit menemukan kekuatan tekad dan kemauan yang hebat. Sebab, kita akan tidur secara mental dan emosi, karena semua hal berjalan normal dan tidak ada tantangan yang mengguncang jiwa kita untuk bangkit dan melakukan perubahan.

Perubahan itu terjadi bila muncul tantangan yang luar biasa sampai kita tidak mampu menghadapinya, sehingga kita membutuhkan kekuatan tekad, kemauan, kerja keras, disiplin, dan kebiasaan-kebiasaan hebat agar kita bisa mengatasi tantangan tersebut.

Selama kita memiliki kesadaran untuk perubahan, maka kesadaran itu bisa menjadi cahaya yang menerangi proses perubahan. Jadi, bila hari ini kita masih memiliki kebiasaan-kebiasaan yang merugikan kehidupan kita, maka kita bisa menghentikannya atau mencegahnya tumbuh dan berkembang di dalam diri kita.

Yah, kita harus memiliki tekad, kemauan, disiplin, dan kerja keras yang hebat untuk menghentikan dan mencegah kebiasaan buruk tersebut tumbuh di dalam diri kita. Kita harus memiliki kemauan yang kuat dan tekad yang hebat agar mampu melepaskan kebiasaan-kebiasaan yang menghambat kita untuk mencapai tujuan hidup.

Tekad dan kemauan yang hebat itu harus muncul dari kesadaran murni kita. Bila mereka muncul dari emosi yang sifatnya situasional, maka tekad dan kemauan kita tidak akan memiliki kekuatan yang konsisten dalam membantu hidup kita.

Intinya, kesadaran murni kita harus menjadi pondasi yang kuat untuk mengembangkan kekuatan kemauan dan tekad yang hebat agar kita bisa mencapai tujuan dan keinginan dengan mudah.

Saat kita harus menghadapi tantangan yang luar biasa, maka jangan mengeluh atau mencari-cari sesuatu untuk disalahkan. Kita harus sadar bahwa kebiasaan mengeluh hanya membuat semakin tidak berdaya, semakin melemahkan, sehingga kita sulit keluar dari zona kesulitan hidup.

Kita tidak bisa mengharapkan orang lain yang mengurusi kesulitan hidup kita, kita harus kuat dan hebat untuk bisa mengatasi kesulitan hidup. Kemauan dan tekad dari kesadaran murni kita akan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan hebat sehingga kita bisa segera melakukan perubahan untuk menghapus kesulitan, serta fokus dalam mencapai sukses.

*Penulis adalah Dosen IAIS Sambas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: RilisEditor: Kundori