Peringati HUT ke-78 RI, Polres Kapuas Hulu Gelar Gerakan Penghijauan, Tanam 1.020 Pohon

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan menanam pohon dalam rangka gerakan penghijauan menanam pohon di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Humas Polres Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Polres Kapuas Hulu  melaksanakan gerakan penghijauan dengan menanam sebanyak 1.020 pohon di wilayah Kapuas Hulu. Gerakan ini merupakan bagian dari program Kapolri dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan mengatakan penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia merupakan rekor Muri dan merupakan program yang didukung oleh Kapolri. Hendrawan juga menyatakan bahwa gerakan ini tidak hanya merupakan perintah pimpinan, tetapi juga menunjukkan kepedulian kepolisian terhadap lingkungan di wilayahnya.

“Penanaman pohon secara serentak di Indonesia merupakan rekor Muri dan program Bapak Kapolri,” kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan, di Putussibau Kapuas Hulu, melansir dari ANTARA, Kamis(24/8/2023).

Disampaikan Hendrawan, selain melaksanakan perintah pimpinan, penanaman pohon juga merupakan wujud kepedulian kepolisian terhadap lingkungan di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, untuk di Kapuas Hulu 1.020 batang pohon yang ditanam di antaranya bibit tanaman mangga, jeruk, kedondong, nangka, jambu kristal, durian, rambutan dan kopi.

Melalui gerakan menanam pohon serentak tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan tema “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini”.

Dia berharap dengan gerakan menanam pohon itu dapat menumbuhkan kesadaran semua pihak termasuk lapisan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan program penghijauan.

Hermawan mengatakan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan penghijauan merupakan tanggungjawab bersama.

Untuk itu, ke depannya diharapkan muncul terobosan generasi muda turut serta dalam gerakan menanam pohon dan bisa dimulai dari hal-hal kecil agar kelestarian alam tetap terjaga di wilayah Kapuas Hulu.

“Gerakan menanam pohon bisa dilakukan juga oleh masyarakat dan semua pihak dan jika diperlukan kami siap berkolaborasi,” katanya.

Untuk diketahui, gerakan penanaman pohon tersebut juga diikuti oleh Dandim 1206 Putussibau, Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu dan perwakilan Anggota DPRD Kapuas Hulu dan sejumlah pihak terkait lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS