Pemprov Kalbar Apresiasi Even Lomba Seni Pencak Silat dan Pameran Artefak Rasulullah SAW di Mempawah

Asisten Administrasi dan Umum Setda Kalbar Alfian didampingi Wabup Mempawah Muhammad Pagi dan Sekda Ismail saat membuka Festival Hiburan Rakyat, Lomba Seni Pencak Silat Tradisional dan Pameran Artefak Peninggalan Rasulullah SAW di GOR Opu Daeng Manambon Mempawah, Selasa (1/8/2023) malam. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Prokopim Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Komunitas Masyarakat Mempawah Sadar Budaya (MMSB), Kalimantan Barat, menggelar Festival Hiburan Rakyat berupa Lomba Seni Pencak Silat Tradisional Tahun 2023 dan Pameran Artefak Peninggalan Rasulullah SAW di Komplek GOR Opu Daeng Manambon Mempawah, 1-17 Agustus 2023.

Secara resmi Festival Hiburan Rakyat, Lomba Seni Pencak Silat Tradisional dan Pameran Artefak Peninggalan Rasulullah SAW memeriahkan HUT ke-78 RI dibuka Asisten Administrasi dan Umum Setda Kalbar Alfian, Selasa (1/8/2023) malam.

Turut hadir Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Sekda Mempawah Ismail, Forkorpimda Mempawah, serta pengurus organisasi budaya dan adat di Kabupaten Mempawah.

Atas nama Pemprov Kalbar, Alfian mengapresiasi kegiatan tersebut yang disebutnya sebagai bentuk kepedulian elemen masyarakat terhadap pelestarian adat tradisional.

“Terlebih kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Pameran Artefak Rasulullah SAW, yang tentunya akan sangat bermanfaat dan memberikan kesan bagi masyarakat,” ujarnya.

Terkait perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini, disebut Alfian, menjadi tantangan bersama dan mesti menjadi perhatian.

Maka dari itu ia meminta untuk terus menjaga nilai seni tradisional yang telah hadir lama di tengah- tengah masyarakat, sehingga warisan budaya dan kekayaan yang tak ternilai bagi masyarakat dapat terus terjaga.

Wakil Bupati Muhammad Pagi atas nama Pemkab Mempawah turut memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya Festival Hiburan Rakyat di Mempawah.

“Apalagi ada pameran artefak Rasulullah SAW. Terima kasih kepada panitia, saya harap kegiatan ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib hingga selesai nanti, serta memberikan manfaat dan hiburan bagi masyarakat,” ujarnya.

Wabup juga meminta kepada panitia untuk menjalin komunikasi secara berjenjang kepada pihak-pihak terkait, serta meminta dinas terkait untuk membina secara berkesinambungan agar kreasi anak-anak muda dapat menjadi ikon daerah.

Ketua Masyarakat Mempawah Sadar Budaya, Badrut Tamam AQ, yang didampingi Sekretaris Herman mengatakan perhelatan akbar ini akan berlangsung selama 17 hari, yakni mulai 1 Agustus hingga 17 Agustus 2023.

“Untuk itu, kami mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan yang sarat dengan pelestarian budaya seni tradisional ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” imbuh dia.

Festival Hiburan Rakyat, lanjut pria yang akrab disapa Haji Badrut ini turut disemarakkan dengan Pasar Rakyat yang mengikutsertakan pelaku UMKM.

“Dan untuk keikutsertaan itu, para pelaku UMKM tidak akan dipungut biaya alias gratis,” jelasnya lagi.

Sedangkan untuk Lomba Pencak Silat Tradisional, imbuhnya, diikuti peserta dari empat kabupaten/kota di Kalbar, yakni Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Adapun jadwal Festival Hiburan Rakyat yaitu pameran artefak Nabi Muhammad SAW berupa sya’run atau rambut, imamah/sorban, terompah/sendal, serta batu bekas telapak kaki Rasulullah SAW, pada 1-5 Agustus.

Kemudian pertandingan seni pencak silat yang dilaksanakan dari 1 hingga 10 Agustus, serta pagelaran pasar rakyat pada 1 hingga 17 Agustus 2023.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version