MTSN 3 Sanggau Raih Emas Dalam Kompetisi Ilmiah Internasional

Tim riset MTs N 3 Sanggau, Dheliza Amimi (leader team), Bunga Novriyanti dan Nafaric Desfiandra.[SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah D]

Sanggau (Suara Kalbar) –Tim Riset Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Sanggau berhasil menjadi juara pertama dengan mempersembahkan Medali Emas (Gold Medal) dalam ajang kompetisi ilmiah tingkat Internasional, Indonesia International Invention Expo (IIIEX) 2023 dalam kategori Life Scienceyang yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA) melaui daring atau online.

Tim yang beranggotakan Dheliza Amimi (leader team), Bunga Novriyanti dan Nafaric Desfiandra merupakan siswa-siswi kelas IX MTs Negeri 3 Sanggau dengan guru pembimbingnya Nanda Luthfia.

Kepala Sekolah MTs Negeri 3 Sanggau Bawanta Ari Santosa mengatakan pada kompetisi ilmiah ini, tim riset MTs Negeri 3 Sanggau mengambil kategori Life Science dengan judul penelitian ”The Effectiveness of Assertive Communication Education Campaign to Improve Students’ Mental Health at MTs Negeri 3 Sanggau Kalimantan Barat”.

“Yakni Efektivitas Kampanye Edukasi Komunikasi Assertif untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa pada MTs Negeri 3 Sanggau Kalimantan Barat, yang persiapan dan penelitiannya pada Juli hingga Agustus 2023, ”katanya,Rabu (30/08/2023).

Setelah mendengar adanya pembukaan kompetisi ilmiah tersebut, kata Bawanta, tim pun dibentuk, kemudian tim menentukan judul dengan menyesuaikan keadaan yang sedang terjadi di sekolah.

“Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari prasiklus yakni untuk melihat gambaran awal secara real keadaan mental siswa MTs Negeri 3 Sanggau yang dilaksanakan pada awal Juli 2023. Kemudian dilanjutkan dengan siklus 1 dan siklus 2 dan selama penelitian berlangsung guru pembimbing juga terus membimbing siswa untuk berlatih persentasi, dikarenakan kompetisi yang diikuti berskala internasional maka presentasi dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris,”ungkapnya.

Bawanta mengungkapkan setelah penelitian selesai semua data yang diperoleh kemudian diolah untuk menjadi sebuah artikel karya ilmiah yang kemudian dibuat versi bahasa inggris untuk lanjut disiapkan sebagai bahan presentasi.

“Adapun presentasi dilaksanakan hari Jumat 25 Agustus 2023 pukul 16.35 hingga selesai secara daring. Dalam kegiatan presentasi hasil penelitian tersebut, pada siswa-siswi tim riset diuji oleh tim penguji yang merupakan bagian dari pada rangkaian penilaian riset yang telah dilakukan,”ujar Bawanta.

Pada tanggal 28 Agustus 2023 melalui acara Awarding Ceremony IIIE X 2023, panitia mengumumkan tim riset yang berhasil meraih juara atau medali yaitu medali Emas, Perak, dan Perunggu.

“Pada acara tersebut, tim riset MTs Negeri 3 Sanggau keluar sebagai juara dengan memperoleh medali emas pada kategori Life Science,”ucapnya.

Sementara itu Nanda Luthfia, selaku guru pembimbing merasa bersyukur dan berterimakasih kepada kepala MTs Negeri 3 Sanggau atas dukungannya dan kepada siswa-siswi peserta kompetisi ilmiah ini atas kerja keras bersama pencapaian ini bisa diraih dan semoga bisa menjadi motivasi untuk siswa-siswi lain mengikuti lomba serupa dilain waktu.

“Terdapat10 kategori yang dilombakan yaitu Biotechnology, Chemistry, Environment, Food Science, Electronics and IoT, Social Science, Physic and Engineering, and Life Science yang diikuti oleh 217 tim peserta dari berbagai negara yang dilaksanakan secara luring dan daring oleh Politeknik Negeri Semarang dan kita berhasil menjadi juara di salah satu kategori yang dilombakan,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS