Moderasi Beragama Tingkatkan Indeks Kerukunan di Singkawang

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Pj Wali Kota dan jajaran Forkopimda Kota Singkawang, Camat dan Lurah, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para tamu undangan lainnya. SUARAKALBAR.CO.ID/ dok.foto.MC Singkawang.

Singkawang (Suara Kalbar)- Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar kegiatan Launching Kampung Moderasi Beragama untuk Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur dan Kelurahan Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan di Halaman Kantor Kementerian Agama, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Pj Wali Kota dan jajaran Forkopimda Kota Singkawang, Camat dan Lurah, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Muhajirin Yanis mengucapkan selamat kepada Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur dan Kelurahan Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan yang telah dinobatkan sebagai Kampung Moderasi Beragama.

“Selamat kepada Kelurahan Nyarumkop dan Sijangkung atas penobatan sebagai Kampung Moderasi Beragama. Tentunya ini merupakan langkah untuk saling meningkatkan kerukunan antar masyarakat dan umat beragama.” ucapnya.

Perlu diketahui, Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2022 masuk dalam sepuluh Provinsi yang memiliki indeks kerukunan tertinggi di Indonesia. Muhajirin berharap semoga dengan program yang dihadirkan seperti salah satunya Kampung Moderasi Beragam ini di Tahun 2023 Kalimantan Barat dapat menembus peringkat yang lebih baik.

“Provinsi Kalbar pada tahun 2022 masuk pada 10 Provinsi dengan rata-rata indeks kerukunan tertinggi di Indonesia. Semoga dengan aktifitas yang kita lakukan, salah satunya program Kampung Moderasi Beragama ini dan juga Singkawang dengan predikat Kota Tertoleran mampu meningkatkan peringkat indeks kerukunan kita menjadi lebih baik.” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Kota Singkawang Muhlis mengucapkan terima kasih dan rasa syukur mengingat kegiatan ini menandakan semua elemen masyarakat siap mendukung Kampung Moderasi Beragama di Kota Singkawang.

“Terimakasih kepada semua yang hadir, karena dengan ini menandakan semua elemen masyarakat siap mendukung kampung moderasi beragama di Kota Singkawang. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memperkuat status Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia,” katanya.

Muhlis mengatakan walaupun hanya dua Kelurahan yang dinobatkan pada kesempatan ini, pada dasarnya mewakili seluruh kelurahan di Kota Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan indikator Kota Tertoleran yang melekat pada diri Kota Singkawang.

“Walaupun hanya 2 kelurahan, pada dasarnya untuk semua kelurahan di Kota Singkawang ini sudah siap dinobatkan menjadi kampung moderasi beragama. Karena terbukti dengan indikator Kota Tertoleran yang melekat pada diri Kota Singkawang,” tuturnya.

Tidak lupa, Muhlis mengucapkan terima kasih kepada Kota Singkawang yang telah memberikan bantuan berupa hibah tanah kepada Kantor Kemenag Kota Singkawang.

“Sebelum saya tutup, pada hari ini juga kita akan menerima hibah tanah yang diberikan dari Pemkot Singkawang. Terimakasih kami ucapkan kepada Pj Wali Kota dan jajaran Pemkot Singkawang, semoga sinergitas ini dapat selalu kita jaga bersama.” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS