Menyelami ‘Kedai Kopi Tua’, 4 Tempat Favorit Anak Muda di Pontianak

Kedai Kopi Djancok (Instagram.com/@djancok.ptk)

Pontianak (Suara Kalbar)- Menikmati secangkir kopi telah menjadi salah satu kegemaran tak tergantikan bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali warga di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dikenal dengan julukan sebagai “kota seribu warung kopi,” tidaklah mengherankan jika Kota Pontianak menyajikan beragam pilihan kedai kopi. Namun, akhir-akhir ini, terlihat tren menarik di kalangan anak muda kota ini, yaitu kesukaan terhadap konsep ‘kedai kopi tua’ yang tak hanya memanjakan mata tetapi juga terjangkau bagi dompet mereka.

Kedai kopi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari anak muda di Kota Pontianak. Setiap hari, mereka terlihat berkumpul dan mengisi waktu luang di berbagai kedai kopi, tak hanya untuk menyeruput secangkir kopi, tetapi juga untuk berkumpul dengan teman-teman sebaya, bermain gim, atau bahkan bekerja.

Berikut rekomendasi kedai kopi pilihan anak muda Kota Pontianak ,melansir dari Suara.com–Jaringan Suarakalbar.co.id, Selasa (1/8/2023):

  1. Sedap Nikmat Kopitiam
    Kedai kopi Sedap Nikmat Kopitiam (Instagram / @sedapnikmat.kopitiam)
    Kedai kopi Sedap Nikmat Kopitiam (Instagram / @sedapnikmat.kopitiam)

Meskipun merupakan salah satu kedai kopi yang terbilang cukup baru, kedai kopi Sedap Nikmat Kopitiam ternyata cukup banyak menarik perhatian anak muda.

Kedai kopi ini diketahu berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Blok O, No 1-2, Kota Pontianak.

Jika kamu berkunjung ke kedai ini, kamu akan disuguhkan dengan konsep klasik ruangan warung kopi tradisional namun tetap memanjakan mata.

Tak hanya dari konsep ruangan, untuk peralatan minum, bisa saja kamu akan disuguhkan minuman dengan sebuah cangkir jadul bercorak.

Harga yang ditawarkan di kedai ini juga relatif cukup murah bagi anak muda dengan variasi minuman kopi dan non kopi mulai dari Rp 8 ribu-Rp 18 ribu saja.

Tak hanya menjual minuman, ada pula pilihan jajanan berupa snack maupun makanan berat. Jika kamu tertarik mengunjungi kedai ini, kedai ini beroperasi mulai dari jam 06.00-23.00 WIB.

        2. Kedai Kopi Djancok

Kedai Kopi Djancok (Instagram.com/@djancok.ptk)
Kedai Kopi Djancok (Instagram.com/@djancok.ptk)

Kedai Kopi Djancok, memang seperti itulah nama kedai kopi yang satu ini.

Kedai kopi ini merupakan salah satu kedai yang cukup baru namun sangat diminati oleh anak muda Pontianak. Hal tersebut terbukti dari selalu penuhnya kedai kopi yang satu ini.

Kedai kopi ini berlokasi di Jalan Nusa Indah 2, D5 No. 09, Kota Pontianak, dengan jam operasional pukul 18.00-23.00 WIB saat hari biasa dan pukul 18.00-01.00 WIB saat hari libur.

Kedai kopi Djancok diketahui memang sengaja beroperasi cukup sore karena kedai ini menyuguhkan konsep minum kopi di lorong pertokoan yang buka di waktu siang hari dan tutup di sore hari.

Kedai kopi ini hanya memiliki satu ruko kecil untuk lokasi pusat kasir dan ruang pembuatan kopinya. Namun meskipun demikian kedai ini mampu menghadirkan ruangan yang cukup memanjakan mata pula dengan konsep yang cukup vintage.

Jika diperhatikan, disejumlah dinding ruangan terdapat tempelan stiker dan beberapa pajangan dari benda-benda yang cukup jadul seperti vinyl, radio, dan TV tabung.

Kedai satu ini juga diketahui menyediakan sejumlah board game, jadi para pengunjung dapat bersantai menikmati kopi sekaligus bermain bersama teman-temannya.

Untuk harganya, kedai kopi ini menawarkan harga yang sangat murah untuk berbagai jenis minuman panas atau dingin mulai dari Rp 5 ribu-Rp 10 ribu saja.

3. Lao Kopitiam

Kedai kopi Lao Kopitiam (Instagram.com/@lao.kopitiam)
Kedai kopi Lao Kopitiam (Instagram.com/@lao.kopitiam)

Tidak jauh dari Kedai Kopi Djancok, kamu bisa menemukan kedai kopi Lao Kopitiam yang juga menjadi pilihan anak muda Kota Pontianak.

Lao Kopitiam berlokasi di Jalan Nusa Indah 1, Kota Pontianak.

Kedai kopi yang satu ini juga turut mengusung tema jadul walau diketahui lebih dulu hadir di kota Pontianak daripada Kedai Kopi Djancok dan Sedap Nikmat Kopitiam.

Jika kamu berkunjung ke kedai kopi ini, kamu akan disuguhkan dengan konsep kedai kopi Cina dengan nuansa warna hijau dan sejumlah tempelan jadul di sekitaran ruangan kedai kopi.

Walaupun kedai ini sudah cukup luas dengan memanfaatkan ruang yang ada di dalam dan lorong samping kedai, ternyata antusias anak muda cukup besar terhadap kedai ini hingga tak jarang kedai ini harus membuka sejumlah meja untuk pengunjungnya menikmati kopi di sepanjang tepi jalan Nusa Indah 1.

Kedai kopi Lao Kopitiam diketahui buka mulai dari pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB dengan menyuguhkan berbagai menu minuman yang variatif dengan harga terjangkau mulai dari Rp 9 ribu-Rp 20 ribu rupiah.

Selain itu, jika kamu berkunjung ke kedai ini jangan lupa untuk mencicipi menu makanan berupa roti gembong bakar yang disajikan dengan berbagai pilihan rasa yang sangat nikmat.

4. Kedai Kopi Marvin

Kedai Kopi Marvin (Instagram.com/@kedai_marvin)
Kedai Kopi Marvin (Instagram.com/@kedai_marvin)

Kedai kopi yang satu ini berlokasi di Jalan Abdurahman Saleh, Gang Sari Lestari no. 5, Kota Pontianak.

Meskipun sama mengusung tema konsep kedai kopi jadul seperti Lao Kopitiam, disini kamu akan lebih dapat merasakan suasana kentalnya kedai kopi Cina karena berbagai pernak-pernik yang mendukung.

Dengan mengusung warna merah, kedai kopi ini turut memamerkan sejumlah pernak-pernik khas negeri tirai bambu seperti adanya lampion, pajangan nanas, bahkan ada pula patung kucing keberuntungan.

Kedai kopi ini menjadi pilihan anak muda Kota Pontianak karena selalu terlihat tidak pernah sepi apalagi ketika menjelang malam meskipun diketahui jam operasional kedai ini hanya pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB saja.

Untuk harganya sendiri, kedai kopi ini juga cukup memanjakan kantong pengunjungnya yaitu dengan menawarkan harga minuman panas dan dingin mulai dari Rp 8 ribu-Rp 12 ribu saja.

Selain minuman, ada pula beberapa jenis makanan berupa snack dan mie yang dijual dengan harga cukup murah.

Tidak ada alasan untuk melewatkan pengalaman unik dan mengasyikkan di kedai kopi pilihan anak muda di Kota Pontianak. Rasakan sensasi nostalgia dan kenikmatan kopi di tempat-tempat yang kami rekomendasikan di atas. Jadi, tunggu apa lagi?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS