Benarkah Minum Kopi Setiap Hari Picu Penuaan Dini dan Merusak Kulit? Ternyata Ini Biang Keladinya

Ilustrasi kopi (Unsplash/Jocelyn Morales). SUARAKALBAR.CO.ID/ dok.foto.Suara.com

Suara Kalbar- Kopi dikenal sebagai minuman sehat saat dikonsumsi tak berlebihan. Namun, cara penyajian kopi yang tak sesuai dan dikonsumsi berlebih justru berdampak tidak baik.

Lalu, apakah benar meminum kopi dengan gula dapat merusak kulit? Dokter Audrey Natalia pun menjawab pertanyaan ini melalui akun TikTok pribadinya dr.audrey_natalia.

Menurut dr Audrey, penuaan pada kulit bukan disebabkan karena meminum kopi dan gula. Namun, meminum kopi yang dicampur gula dan susu secara berlebihan dan terlalu sering memang bisa menyebabkan penuaan dini hingga merusak kulit.

“Minum kopi banyak banget gulanya, banyak susunya, banyak krimer, itu dia yang bisa bikin aging atau mudah cepat keriput, elastisitas berkurang dan bikin pori-pori juga lebih lebar,” jelas dr Audrey.

Menurutnya, meminum kopi setiap hari tak masalah. Asalkan, yang diminum adalah kopi hitam tanpa campuran gula dan protein seperti susu. Pasalnya dua hal itu cukup berbahaya jika dikonsumsi setiap hari bersama kopi.

“Si gula dan protein ini bisa mengikat diri ke kolagen dan elastin kamu. Habis mengikat kan terbentuk nih AGE atau Advanced Glycation End Products,ini dia penyebab dari segala problem yang kamu lihat,” lanjutnya.

Proses itu disebut dapat memengaruhi kulit seperti pori-pori besar, penuaan dini, kulit kering, hingga lebih mudah terjadi inflamasi hingga menimbulkan jerawat.

“Makanya nih, daripada kalian ribut tiap hari nanyain saya harus beli kolagen apa, mendingan kamu jaga aja kolagen yang udah ada dan diberikan Tuhan di dalam kulit kamu saat ini dengan cara jangan konsumsi makanan dan minuman yang tinggi indeks glikemiknya,” pungkas dr Audrey.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video tersebut. “Pantesan pori-pori gue segede gaban,” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Sempat terkejut karena suka kopi hitam tanpa gula,” ujar warganet ini.
“Kopi bagus apalagi tanpa gula, tapi nggak bisa minum kopi pahit,” tulis warganet lain di kolom komentar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS