Sport  

5 Opsi Penyerang Potensial untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Strikert Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta (Instagram/PSSI)

Suara Kalbar – Dalam persiapan menghadapi Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang mempertimbangkan opsi penyerang atau striker yang dapat membantu tim Merah Putih meraih hasil terbaik dalam kompetisi elite Asia ini. Berikut adalah beberapa opsi penyerang di Liga 1 2023/2024 yang bisa dipertimbangkan oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Setelah absen selama hampir 17 tahun dari ajang Piala Asia, Timnas Indonesia berada di bawah tekanan besar untuk tampil kompetitif dan memberikan performa terbaik di turnamen ini. Piala Asia 2023 dijadikan sebagai panggung untuk membuktikan kemampuan dan potensi sepak bola Indonesia di tingkat internasional.

Ajang Piala Asia 2023 direncanakan akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024, dan Timnas Indonesia telah tergabung dalam grup D yang berisikan lawan-lawan tangguh seperti Jepang, Irak, dan Vietnam. Misi berat menanti Timnas Indonesia dalam upaya meraih hasil positif di fase grup dan berpotensi melangkah lebih jauh di turnamen ini.

Melansir dari Bolatimes.com, Selasa (15/8/2023), dalam menghadapi persaingan yang ketat, penyerang yang efektif dan tajam akan menjadi aset berharga bagi Timnas Indonesia. Beberapa opsi penyerang yang bisa dipertimbangkan oleh Shin Tae-yong adalah pemain-pemain yang berlaga di Liga 1 2023/2024 dan telah membuktikan kemampuan mereka di kompetisi domestik.

Terkait pemain terbaik yang bisa diandalkan ini, Shin Tae-yong ada baiknya mulai mencari para penyerang tajam untuk memimpin lini serang, yang selalu jadi masalah pelik Timnas Indonesia.

Untuk mengatasinya, Shin Tae-yong pun bisa melirik barisan penyerang di Liga 1 2023/2024 yang tengah mencuri perhatian saat ini. Siapa saja para pemain itu?

1. Ramadhan Sananta (Persis Solo)

Ramadhan Sananta menjadi salah satu penyerang lokal yang paling moncer di Liga 1 2023/2024 ini, usai dirinya berhasil mencetak total empat gol dari delapan pertandingan.

Di usianya yang baru 20 tahun, penyerang Persis Solo ini dianggap sebagai salah calon penyerang masa depan Timnas Indonesia, mengingat ia sudah konsisten mencetak gol sejak tahun 2022 lalu.

2. Ilija Spasojevic (Bali United)

Shin Tae-yong juga bisa melirik pemain gaek, Ilija Spasojevic untuk menjadi penyerang Timnas Indonesia kala bertarung di Piala Asia 2023.

Penyerang Bali United ini dikenal konsisten mencetak gol di Liga 1. Di musim ini ia telah mencetak tiga gol dari tujuh laga. Dengan pengalamannya, Spaso dirasa bisa memberi dampak penting bagi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

3. Yandi Sofyan (Persikabo 1973)

Liga 1 2023/2024 menjadi saksi bangkitnya kembali nama Yandi Sofyan, berkat sumbangan tiga golnya dari enam pertandingan bagi Persikabo 1973.

Dengan performanya yang kembali melejit, pemain berusia 31 tahun ini bisa juga dilirik Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023. Apalagi, Yandi Sofyan punya pengalaman karena pernah bermain di luar negeri bersama CS Vise dan Brisbane Roar.

4. Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Dimas Drajad bukanlah nama asing bagi Shin Tae-yong. Bahkan penyerang Persikabo 1973 ini menjadi andalan di lini serang sejak Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu.

Meski di Liga 1 2023/2024 dirinya belum mencatatkan gol, Dimas Drajad tetap layak dilirik karena telah mengenal skema permainan Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae-yong.

5. Ezra Walian (Persib Bandung)

Ezra Walian sejatinya tak begitu moncer bila dibandingkan pemain-pemain lainnya di daftar ini. Tapi dirinya merupakan penyerang yang masuk skema Shin Tae-yong, yakni penyerang pekerja keras.

Di Liga 1 2023/2024 ini, Ezra tercatat telah mencetak satu gol dari tujuh pertandingan. Pengalamannya yang sempat bermain untuk Ajax Amsterdam ini bisa diandalkan guna mengarungi fase grup Piala Asia 2023 melawan tim-tim kuat di grup D.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS