Sport  

Timnas Indonesia Berpeluang Kumpulkan Poin Besar,Kalahkan Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Potret sesi latihan Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Suara Kalbar – Kepastian bahwa Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah ditetapkan setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melakukan Drawing pada Kamis, 27 Juli 2023.

Meskipun berada di luar peringkat 26 besar, Timnas Indonesia memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin besar dengan mengalahkan Brunei Darussalam dalam babak playoff ini.

Melansir dari Bolatimes, Jumat (28/7/2023), kepastian ini didapatkan setelah AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia melakukan Drawing ajang tersebut pada Kamis (27/7) kemarin.

Karena Timnas Indonesia berada di luar peringkat 26 besar, maka harus melewati babak pertama atau semacam Playoff melawan Brunei Darussalam.

Pertandingan melawan Brunei ini, yakni pada tanggal 12 Oktober dan 17 Oktober 2023 akan menentukan langkah tim Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika berhasil menang atas Brunei, maka Timnas Indonesia akan lolos ke babak kedua atau babak grup dan akan tergabung di grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Di laga melawan Brunei ini, Timnas Indonesia tak hanya butuh kemenangan untuk melaju ke babak kedua, namun juga untuk meraih poin guna mengatrol posisinya di ranking FIFA.

Sebagai informasi, ranking Timnas Indonesia sempat melorot usai meraih satu imbang dan satu kekalahan dari Palestina dan Argentina di FIFA Matchday Juni 2023.

Jika menang atas Brunei, Timnas Indonesia berpotensi meraup poin yang cukup banyak yakni 8,9 poin seperti yang dilansir dari Footy Ranking.

Torehan poin ini nyatanya hanya berbeda tipis dengan raihan poin yang didapat Timnas Indonesia jika berhasil mengalahkan Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023 lalu, yakni 9,5 poin.

Kok bisa perolehan poin jika menang atas Brunei Darussalam dan Argentina hanya berbeda tipis, padahal kedua tim punya peringkat yang bak langit dan bumi?

Usut punya usut, perolehan poin yang hampir sama jika menang atas Brunei Darussalam dan Argentina itu tak lepas dari bobot agenda FIFA yang dijalani Timnas Indonesia.

Di agenda sekelas Kualifikasi Piala Dunia, FIFA memberikan bobot poin lebih banyak yakni maksimal 25 poin bagi setiap negara.

Sedangkan untuk agenda FIFA Matchday, induk sepak bola dunia itu hanya memberikan bobot poin maksimal sebesar 10 poin saja.

Sebagai contoh, jika Timnas Indonesia menang atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, maka tim Merah Putih bisa mendapat 15-20 poin karena ranking lawannya lebih tinggi.

Maka tak mengherankan jika Timnas Indonesia menang atas Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023 lalu, poin yang didapat tim Merah Putih hanya sebesar 9,5 poin saja kendati peringkat keduanya berbeda jauh.

Sehingga, di laga kontra Brunei Darussalam nanti, Timnas Indonesia yang ada di peringkat ke-150 akan meraih 8,9 poin atas lawannya yang ada di peringkat 191 dunia tersebut.

Alhasil, Timnas Indonesia pun bisa menjadikan ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu sebagai ajang untuk mendulang poin guna menaikkan ranking FIFA-nya yang sempat melorot.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS