Kejurda Anggar 2023 Kukuhkan Mempawah Jadi Pusat Diklat se Kalimantan Barat

Bupati Erlina secara simbolis melakukan tusukan pedang foil saat membuka Kejurda Anggar Pra Kadet dan Kadet se-Kalimantan Barat di Gedung MCC Jalan Raden Kusno Mempawah, Sabtu (22/7/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Anggar Pra Kadet dan Kadet se-Kalimantan Barat, di Gedung Mempawah Convention Center (MCC), Jalan Raden Kusno, Sabtu (22/7/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kabupaten Mempawah ini diikuti 89 atlet anggar pra kadet dan kadet dari 6 kabupaten/kota di Kalbar, serta berlangsung pada 21-23 Juli 2023.

Keenam kabupaten/kota yang ikut Kejurda Anggar di Mempawah, yakni Mempawah sebagai tuan rumah, Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Ketapang.

Turut hadir saat pembukaan, Forkorpimda, Sekda Mempawah Ismail, Kepala Disdikporapar Mempawah El Zuratnam, pengurus KONI Kalbar dan Mempawah, serta pelatih senior anggar Kalbar Sunardi.

Dalam kesempatan itu, Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah menyampaikan selamat datang kepada para atlet, ofisial, pelatih peserta Kejurda Anggar ke Kabupaten Mempawah.

“Suatu kebanggaan bagi kami maupun IKASI Mempawah karena dipercaya dan terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan daerah anggar pra kadet dan kadet tingkat Kalbar. Terima kasih kepada IKASI Kalbar,” katanya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Bupati kepada pengurus IKASI Mempawah, KONI Mempawah, Disdikporapar dan berbagai pihak lainnya yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini.

“Saya berharap kejuaraan ini berjalan lancar dan sukses, dan menjadi ajang pembuktian kemampuan para atlet dalam menguasai ilmu permainan anggar sehingga meraih prestasi terbaik dan menjadi juara,” ucapnya.

Menutup sambutannya, Erlina berharap prestasi para atlet anggar tidak berhenti hanya di tingkat provinsi tetapi bisa mencapai tingkat nasional bahkan internasional, dan juga menjadi juara.

“Saya optimis dengan kerja keras, berlatih secara tekun dan disiplin, serta ditangani pelatih yang berkualitas, kalian bisa menjadi atlet anggar Indonesia yang mampu untuk mewujudkan impian tersebut,” ucapnya.

Sebab sepanjang yang ia ketahui, senior-senior atlet anggar Kalbar termasuk asal Kabupaten Mempawah banyak yang sudah dikirim ke event-event regional dan internasional.

“Terbaru saya menerima laporan ada satu atlet anggar Mempawah yang sejak 11 juli 2023 berada di Pelatnas untuk disiapkan mengikuti Asian Games di China pada November 2023,” tutupnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Kejurda Anggar se-Kalbar, Verdiana Rihandini dalam laporannya mengatakan kejuaraan ini diikuti 89 atlet, 12 pelatih, serta 12 orang ofisial dan manajer.

“Kejurda ini sebagai seleksi untuk keikutsertaan para Kejurnas Anggar tahun 2023, dan Mempawah sebagai Diklat Anggar di Kalbar,” ujarnya.

Selanjutnya Verdiana yang merupakan mantan atlet anggar asal Mempawah yang punya prestasi di tingkat internasional, mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Mempawah, KONI Mempawah dan pihak lainnya.

“Berkat dukungan yang diberikan, penyelenggaraan Kejurda Anggar se-Kalbar tahun 2023 dapat kita selenggarakan di Kabupaten Mempawah,” ucap ASN Disdikporapar Mempawah yang juga pelatih anggar Kalbar ini.

Sedangkan Wakil Ketua KONI Mempawah Dudung Agus Suharto, berharap Kejurda ini berjalan sukses dan para atlet menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas selama bertanding.

“Karena kalian hadir disini untuk mengikuti seleksi yang membawa nama daerah dan nanti akan mewakili Kalimantan Barat ke ajang Kejurnas. Mari berjuang secara maksimal dan tetap sportif, serta jaga silaturahmi sesama atlet,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS