Jumlah DPT Disabilitas di Singkawang Capai 1.318 Pemilih

Kantor KPU Kota Singkawang. SUARAKALBAR.CO.ID/ Hendra.

Singkawang (Suara Kalbar)- Jumlah pemilih disabilitas di Kota Singkawang mencapai 1.318 pemilih yang sudah ditetapkan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 mendatang.

“DPT pemilih tetap disabilitas sebanyak 1.318 pemilih ini terdiri tiga kategori diantaranya pertama disabilitas mental sebanyak 677 pemilih,” ujar Anggota KPU Kota Singkawang Umar Faruq, Rabu (26/7/2023).

Dia menjelaskan untuk disabilitas wicara sebanyak 100 pemilih, disabilitas rungu sebanyak 23 pemilih, disabilitas netra sebanyak 44 pemilih, disabilitas fisik sebanyak 48 pemiih, disabilitas intelektual sebanyak 46 pemilih,” katanya.

Jumlah pemilih disabilitas yang terbanyak, kata Umar Faruq, yakni disabilitas mental sebanyak 51 persen. “Kami juga sudah melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada penyandang atau disabilitas,” jelasnya.

“Kita sudah sampaikan bagaimana sosialisasi dan sasarannya bagi disabilitas nanti terkait pemungutan suara. Bagaimana nanti pemungutan suara tersedia aksara braile dan fasilitas pendukung bagi disabilitas,”paparnya.
Pihaknya juga sudah mengerahkan relawan demokrasi PPS dan PPK untuk melakukan sosialisasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS