LDII Kalbar Tebar 321 Ekor Hewan Kurban demi Memperkuat Ketakwaan dan Kepedulian Sosial

Ketua DPW LDII Kalimantan Barat Susanto secara simbolis menyerahkan seekor sapi sebagai hewan kurban Iduladha 1444 H di Mempawah, Kamis (29/6/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Hari Raya Iduladha dijadikan momentum bagi warga LDII Kalbar untuk meneguhkan ketaqwaan atas perintah agama serta memberikan kepedulian sosial.

“Alhamdulillah semangat warga LDII untuk berkurban luar biasa, dan itu dapat dilihat dari total jumlah hewan yang berhasil ditebar di 14 kabupaten/kota se Kalimantan Barat,” ujar Ketua DPW LDII Kalbar  Susanto usai melakukan pemotongan hewan kurban, Kamis (29/6/2023).

Untuk Iduladha 1444 H atau yang jatuh 29 Juni 2023 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 lalu.

“Tahun 2022 lalu atau 1443 H, LDII Kalbar melakukan tebar hewan kurban sebanyak 304 ekor, sedangkan tahun 2023 ini mencatatkan jumlah hewan kurban yang ditebar 321 ekor,” jelasnya.

Dijelaskan Susanto ada resep khusus bagi warga LDII Kalbar yang terus meningkatkan jumlah hewan kurban.

“Secara pribadi, penyembelihan hewan kurban adalah amalan yang paling dicintai Allah pada tanggal 10 Dzulhijjjah, ini spiritnya. Maka untuk agar mendapat rasa cinta dari Allah, setiap warga menabung selama setahun sampai tiba saatnya hari penyembelihan,” ungkap dia.

Selain itu, motivasi yang terbangun dengan tebar hewan kurban ini bisa memberikan sentuhan sosial kepada sesama.

“Kami berikan pemberian hewan kurban bukan untuk warga muslim saja, tetapi beberapa daerah kami juga berikan kepada warga non muslim terutama yang tidak mampu. Di sinilah kepedulian kami dari sudut sosial,” imbuhnya.

Bahkan ia juga menegaskan dengan sebanyak itu ada peran LDII Kalbar dalam menumbuhkan perekonomian rakyat.

“Banyak peternak yang terbantu, dan ini bagian dari wujud membantu perekonomian peternak. Jika dikalkulasi dengan harga rata untuk sapi Rp 20 juta dan kambing Rp 3,5 juta, maka perputaran uang di tingkat petani tercatat Rp 4,3 miliar lebih,” kata dia.

Dirinya juga memohon doa kepada seluruh masyarakat Kalbar agar kiranya LDII hadir selalu memberikan kemanfaatan.

“Mohon doanya kami dari LDII Kalbar secara istiqomah dapat memberikan kemanfaatan dan pengabdian, karena hal itu menjadi nawaitu kami,” ujar Susanto.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS