Forum Investasi di Batam, Waketum APKASI Erlina Beberkan Potensi Bisnis Mempawah

Wakil Ketua Umum APKASI Erlina menerima cinderamata dari Ketua International Bussiness Association (IBA) Shan Shan pada Forum Investasi dalam tajuk Safe And Credible Investment Opportunities In Sumatera Island, di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (2/6/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Batam (Suara Kalbar) – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menggelar Forum Investasi dalam tajuk Safe And Credible Investment Opportunities In Sumatera Island, di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (2/6/2023).

Kegiatan yang mendapat dukungan dari Kementerian Investasi/BKPM RI dan Internasional Business Association (IBA) turut mengundang investor-investor asing dari sejumlah negara Asia dan Eropa.

Diantaranya dari Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, China, dan Korea Selatan, termasuk Europa Economic Development Counsil.

Bupati Mempawah yang hadir selaku Wakil Ketua Umum APKASI berkesempatan memberikan sambutan di hadapan sejumlah kepala daerah, serta para investor dalam dan luar negeri.

Erlina mengatakan kegiatan Forum Investasi ini merupakan gagasan APKASI dan KADIN, serta didukung IBA dan Kementerian Investasi/BKPM sebagai tindak lanjut MoU yang telah ditandatangani.

“Forum investasi ini memang didesain untuk menjembatani tiga kepentingan, yaitu investor luar negeri, swasta nasional dan pemerintah daerah, khususnya pemerintah kabupaten,” katanya.

Mengenai pemilihan Batam sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan, dijelaskan Erlina, karena Batam akan menjadi lokasi pendirian Pusat Promosi Investasi Terpadu (PPIT) yang disiapkan sebagai etalase pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya Pusat Promosi Investasi Terpadu ini, para calon investor dapat mendapatkan informasi awal tentang potensi daerah,” ujar dia.

Untuk itu, APKASI seperti dikatakan Erlina, berharap para Bupati dapat memanfaatkan Pusat Promosi ini yang akan dipusatkan di Pulau Batam, Kepulauan Riau.

“Dan IBA akan memberikan informasi lebih rinci dan siap memfasilitasi Bapak dan Ibu Bupati yang tertarik untuk menempati Pusat Promosi Investasi Terpadu,” jelasnya.

Terlebih, imbuhnya, Pemerintah Indonesia sedang berupaya menarik lebih banyak minat investor asing untuk menanam modal di Indonesia dengan mengutamakan kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal.

“Berbagai cara, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga fasilitas perizinan berusaha dibenahi agar semakin banyak investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia,” ungkap Erlina.

Pemerintah Indonesia juga telah menerapkan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS) untuk mempermudah pemberian perizinan berusaha.

“Melalui OSS, pelaku usaha dapat mengurus seluruh izin yang dibutuhkan dari berbagai tingkatan dan sektor secara online,” jelas Erlina lagi.

Sementara itu, untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah daerah juga sedang berlomba menyiapkan skema insentif bagi calon-calon investor yang akan menanamkan modalnya di daerah.

“Selain itu, komitmen bupati untuk memberikan pelayanan terbaik investasi juga dilakukan melalui penguatan kelembagaan, SDM dan tata kelola perizinan yang transparan, mudah, cepat, dan murah,” katanya.

Pada kesempatan ini, lanjut Erlina, telah hadir para Bupati sebagai pimpinan atau CEO Pemerintah Kabupaten yang akan menyampaikan informasi tentang profil daerah, komoditas unggulan, serta peluang-peluang investasi yang siap dikerjasamakan.

“Nanti Bapak/Ibu calon investor dan mitra pemerintah daerah dapat berdialog langsung untuk mencari kecocokan antara komoditi yang ditawarkan dan peluang investasi dengan kebutuhan perusahaan masing-masing,” ujarnya lagi.

Lebih jauh Erlina mengatakan APKASI sebagai wadah kerjasama pemerintah kabupaten, memiliki tugas untuk mempromosikan potensi daerah dan mendorong masuknya investasi ke daerah untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat daerah.

“Untuk itu, APKASI juga akan memfasilitasi temu bisnis antara investor dan pemerintah kabupaten yang akan diselenggarakan pada Apkasi Otonomi Expo tahun 2023,” ucapnya.

Dalam kesempatan berharga itu, Bupati Erlina turut memperkenalkan secara singkat wajah Kabupaten Mempawah dengan beberapa Proyek Strategis Nasional, tujuannya agar dapat menarik perhatian para investor asing untuk datang ke Mempawah.

Turut hadir dalam kegiatan itu Direktur Pengembangan Promosi, Kementerian Investasi/BKPM, Saribua Siahaan, Walikota Batam, Muhammad Rudi, dan Wakil Ketua KADIN Indonesia.

Hadir juga Ketua IBA Shan Shan, Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang, serta para bupati, wakil bupati, serta yang mewakili bupati di sejumlah kabupaten di Pulau Sumatera.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS