Abrasi Sungai Laur Ketapang Ancam Sekolah, Posyandu dan Puluhan Unit Rumah Warga

Sungai Laur di Desa Sempurna Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat mengalami abrasi sepanjang 500 meter. (Agustiandi/Suarakalbar.co.id).
Ketapang (Suara Kalbar)- Sungai Laur yang berada di Desa Sempurna Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang mengalami abrasi.Abrasi sepanjang 500 meter itu mengancam gedung sekolah, puluhan rumah warga, hingga pusat kesehatan desa. Parahnya lagi abrasi ini juga berada di pinggir jalan utama desa.

“Terjadinya longsor atau abrasi ini, di RT 1 Dusun Sempurna, tepatnya di Komplek SMPN 3 Sungai Laur, Poskesdes Desa Sempurna dan PAUD AL-Firdaus,” ungkap Ketua DPD Desa Sempurna, Ruhadi Usman, kepada Suaraketapang, melansir dari Suaraketapang–Suara Media Network, Senin(12/6/2023).

Ruhadi menyampaikan, abrasi tersebut sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Setidaknya satu meter bibir sungai hilang setiap tahunnya. Hingga kini kondisinya bahkan semakin parah.

“Abrasi ini sudah sangat parah, dari pinggir abrasi sampai ke halaman sekolah sekitar 50 meter saja, kalau ke Poskesdes dan PUAD sekitar 30 meter,” ujarnya.

“Bahkan kami untuk melewati jalan tersebut sudah sangat menakutkan, karena (jalannya) berada di tepi sungai sekali, longsornya semakin hari semakin parah,” sambungnya.

Ruhadi menambahkan, pihak desa sudah menyampaikan kondisi tersebut dalam bentuk proposal permohonan bantuan pembuatan talud sungai kepada pemerintah daerah.

Tak hanya ke Pemkab Ketapang, perangkat desa juga telah mengadukan kejadian itu ke perusahaan yang konsesinya berada di desa tersebut.

“Kami warga desa berharap, abrasi ini dapat segera diatasi, karena ini ibarat penyakit yang semakin hari semakin parah,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version