Minggu ke-76, Progres Pembangunan Masjid Agung Singkawang Capai 61 Persen

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro usai rapat koordinasi bersama Bank BSI membahas lanjutan perkembangan pembangunan Masjid Agung Nurul Islam Singkawang, Rabu (24/5/2023).[MC Singkawang]

Singkawang (Suara Kalbar)– Progres pembangunan Masjid Agung Nurul Islam telah memasuki minggu ke-76 dengan capaian kurang lebih 61% pengerjaan untuk bangunan induk masjid.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro usai  rapat koordinasi bersama Bank BSI membahas lanjutan perkembangan pembangunan Masjid Agung Nurul Islam Singkawang, Rabu (24/5/2023).

“Terimakasih kepada pihak Bank BSI bersama tim yang telah hadir di sini untuk audiensi bersama membahas progress pembangunan Masjid Agung Nurul Islam, sekaligus membahas tindak lanjut dari rencana bantuan Menteri BUMN untuk pembangunan Masjid ini,” ucap Pj Wali Kota,
dalam keterangan tertulis diterima Suarakalbar.co.id, Jumat(26/5/2023).

“Di sini akan kami sampaikan laporan mengenai progress pembangunan Masjid Agung Nurul Islam yang mana pekerjaan telah sampai dengan minggu ke-76 untuk periode 15-21 Mei 2023. Dengan capaian bangunan induk telah 61.32%,” katanya.

Meskipun utamanya memang masih bertumpu pada hibah APBD Kota Singkawang. Namun, kekurangan anggaran kurang lebih Rp23 Milyar dari total Rp56 Milyar, kami mendapatkan dukungan anggaran secara koletif dari berbagai pihak sebesar Rp8,5 Milyar.

Ia menambahkan melalui audiensi ini semoga Bank BSI dapat memberikan perhatian sekaligus menjadi perpanjangan tangan dari komitmen Menteri BUMN dalam memberikan bantuan terhadap pembangunan Masjid Agung Nurul Islam Singkawang.

“Inikan ada kunjungan dari Bank BSI, untuk melihat kondisi dan progress pembangunan masjid. Mudah-mudahan BSI ini dapat menjadi perpanjangan tangan dari komitmen Bapak Erick Thohir. Ketika BSI memperhatikan ini, kita menaruh harapan semoga dana kekurangan itu dapat di backup juga dari donasi mereka,” jelasnya.

Terkait penyelesaian pembangunan, Sumastro berharap pembangunan induk masjid dapat terealisasi pada tahun 2023 kemudian disusul dengan pembangunan aksesoris tambahan dan lain-lain.

Pada kesempatan yang sama, Manager Area Bank BSI Pontianak Wisudoto Patria mengatakan audiensi ini bertujuan untuk melakukan survei secara langsung terkait dengan progres pembangunan Masjid Agung Nurul Islam Singkawang.

“Kami datang langsung ini untuk melakukan survei secara langsung mengenai progres pembangunan masjid ini dan terimakasih banyak, terkait dengan rencana pembangunan masjid agung Singkawang kami dari tim Bank BSI telah menerima informasinya bahwa ini adalah arahan yang sampaikan oleh Pak Erick Thohir. Karena dalam urusan pembangunan tempat ibadah yang dicolek selalu BSI,” tuturnya.

Wisudoto melanjutkan, pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan manajemen pusat berkenaan dengan tindak lanjut Bank BSI dalam upaya membantu proses pembangunan Masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang.

“Dari paparannya telah jelas sekali, dan dari sisanya kekurangan ini akan coba kami bawa ke kantor pusat nanti kami rangkai dengan informasi dari yang telah dipaparkan pak Wali Kota. Semoga nanti ada arahan juga dari bapak Erick Thohir sehingga BSI dapat menjadi bagian dari upaya pembagunan masjid ini. Dan ke depan akan kami informasikan kembali tindak lanjut arahan dari pusat,” pungkasnya.

Terakhir, kegiatan ditutup dengan melakukan site visit Masjid Agung Nurul Islam Singkawang bersama rombongan Tim Bank BSI.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS