Sambas  

Manasik Haji di Sambas Tahun 1444 H, Diikuti 305 Calon Jamaah Haji

Manasik Haji Kabupaten Sambas Tahun 1444 H.[HO-Pemkab Sambas]

Sambas (Suara Kalbar) – Bupati Sambas, Satono,membuka kegiatan Manasik Haji Kabupaten Sambas Tahun 1444 H /2023 M, di Aula Kantor Bupati Sambas, Senin 23 Mei 2023.

Selain jemaah calon haji yang berbahagia, turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Sambas beserta jajaran, Asisten I, kepala OPD terkait serta undangan lain.

Adapun Calon Jemaah dengan usia tertua pada tahun ini adalah 85 Tahun atas nama Kartinah Sarbini Lekong serta usia termuda adalah 21 Tahun atas nama  Muhammad Rafi Pranata Piza.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sambas, Mahmud Jayadi, menyampaikan bahwa 305 orang calon jemaah haji yang terdiri dari 148 jemaah laki-laki serta 157 jemaah perempuan ini sangat beruntung karena bisa berangkat di tahun ini.

Mahmud menambahkan bahwa jemaah haji kabupaten sambas berangkat pada gelombang ke -2 kolter 27 bersama jemaah kabupaten landak dan kota pontianak yang akan berangkat dari Pontianak pada tanggal 16 Juni 2023.

Mahmud mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sambas atas terselenggaranya kegiatan manasik haji 1444 H ini.

Bupati sambas, Satono didalam kesempatan tersebut berpesan kepada calon jemaah haji agar memaksimalkan menyerap ilmu dalam pelaksanaan manasik haji yang dilaksanakan selama dua hari ini.

“Saya berpesan selama manasik haji gunakan waktu sebaik mungkin untuk menambah ilmu guna meraih haji yang mabrur,” pesan Satono, dalam keterangan tertulis diterima Suarakalbar.co.id, Sabtu(27/5/2023).

Bupati Satono menambahkan bahwa sekitar 85% kegiatan haji adalah kegiatan fisik, sehingga perlu untuk menjaga kesehatan dengan cukup minum air putih serta perbanyak sabar.

“Selama menjalankan ibadah haji untuk banyak bersabar,” tambah Satono.

Lebih lanjut Satono menambahkan bahwa  pemerintah Kabupaten Sambas akan mendampingi para jemaah dengan tenaga kesehatan yang telah ditunjuk serta akan menyediakan fasilitas transportasi keberangkatan dari Sambas menuju Bandara serta transportasi kepulangan dari Bandara menuju Sambas.

“Pemda sambas akan memfasilitasi transportasi pulang pergi jemaah dari sambas sampai ke bandara,”ujar Satono.

selain itu Bupati Sambas menambahkan bahwa untuk menanggung Penginapan di Hotel  Calon Jemaah selama di Pontianak dan di Batam.

“Bupati sambas juga akan memfasilitasi perihal akomodasi yaitu  hotel jemaah selama di pontianak dan batam,”tambah Satono.

menutup sambutannya Satono meninitpkan do’a kepada jemaah demi Sambas yang lebih aman tentram serta damai.

“Saya Titip doakan Kabupaten Sambas, Masyarkat Sambas, Bupati Sambas serta jajaran agar dalam kondisi aman tenteram dan damai,”tutup Satono.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS