KPU Sanggau Sebut PBB dan PKN Tak Datang Ajukan Bacaleg

Penyerahan berita acara penerimaan pendaftaran Partai Golkar Oleh KPU Sanggau, Minggu (14/05/2023).[Suarakalbar.co.id/Darmansyah]

Sanggau (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau resmi menutup pendataran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 pada Minggu (14/05/2023).

“Proses pengajuan Bacaleg yang dimulai dari tanggal 1 Mei 2023 hingga 14 Mei 2023, total yang sudah mengajukan Bacaleg ke KPU Sanggau berjumlah 16 partai politik dan yang mendaftar , pada hari terakhir yang telah datang ke KPU Kabupaten Sanggau untuk mengajukan Bacalegnya ada enam partai yaitu Partai Ummat, Partai golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Buruh, Partai Garuda dan Partai Gelora”ujar Komisioner KPU Sanggau Iis Supianto dalam konferensi pers KPU Sanggau, Minggu (14/05/2023) pukul 23.59 Wib.

Disampaikan Iis Supianto untuk pendaftar pada hari Minggu 14 Mei 2023 yaitu pada pagi tadi pukul 09.00 Wib telah kembali datang Partai Ummat, kemudian Partai Golkar yang tiba pukul 11.00 Wib, Partai Garuda tiba pukul 14.00 Wib, Selanjutnya PPP yang tiba pukul 15.00 Wib, Partai Buruh pada pukul 23.25 Wib dan terakhir Partai Gelora pada pukul 23.40 WIB.

“Sebenarnya Partai Gelora telah datang pukul 19.00 Wib sesuai dengan PKPU nomor 2 tahun 2023 terdapat namun partai bersangkutan sesuai dengan surat nomor 475 dari KPU RI karena adanya kendala di Sistem Informasi Pencalonan (Silon)sehingga Partai Gelora harus melengkapi dokumen pengajuan melalui dokumen non Silon artinya diserahkan melalui diluar Silon,dan setelah dilakukan pemeriksaan dokumen terdapat beberapa dokumen yang belum lengkap sehingga kami kembalikan untuk dilengkapi kembali kemudian setelah itu Partai Gelora menyampaikan kembali hasil perbaikannya pukul 23.40 Wib dan hingga sekarang masih dilakukan proses pemeriksaan,”katanya.

Jadi hingga penutupan pendaftaran lanjut Iis Supianto, Untuk sementara KPU Sanggau baru berikan status kepada 15 partai politik yaitu Partai Hanura, PDIP, Partai Nasdem, PAN, PKS, Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat, Partai Perindo, PSI, Partai Ummat, PPP, Partai Golkar, Partai Garuda dan Partai Buruh dengan status diterima.

“Sedangkan untuk Partai Gelora masih dilakukan pemeriksaan,”ungkapnya.

Kemudian untuk yang terakhir ada dua partai politik yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) sampai dengan ditutupnya pendaftaran pukul 23.59 Wib tidak datang untuk mengajukan Bacalegnya.

“Sehingga kedua partai ini dengan ditutupnya masa pengajuan maka tidak dapat diterima lagi proses pengajuannya,”Tutup Iis.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ummat Kabupaten Sanggau Suhairi, bersama sekretaris DPC, LO dan sejumlah kader dan Bacaleg dalam konferensi persnya menjelaskan bahwa pada hari Sabtu 13 Mei 2023 kemarin, proses pendaftaran Bacaleg dari Partai Ummat Ke KPUD Kabupaten Sanggau bukan di tolak, akan tetapi karena data Silon belum bisa dibuka sehingga tidak dapat dilakukan pemeriksaan berkas dan data.

“Pagi ini sudah bisa di buka, dan semua persyaratan sudah bisa di periksa dan dinyatakan telah lengkap sehingga statusnya diterima oleh KPU Sanggau,kata Suhairi.

Partai Ummat hanya mengisi dua dapil saja yalni dapil 1 dan dapil 2 Sanggau dengan total 16 Bacaleg dengan keterwakilan perempuannya ada 6 orang , artinya diisi 34% keterwakilan perempuan.

“Kami Partai baru dan tidak terpenuhinya kuota Bacaleg ini dikarenakan kesulitan kami menemukan Bacaleg potensial. Kami tidak memasang target tapi dengan kekuatan saat ini kami akan berjuang maksimal untuk memperoleh kursi,”katanya.

Ditempat yang sama dalam konferensi persnya Ketua DPD Partai Golkar Sanggau Fransiskus Ason didampingi, Sekertaris Timotous Yance, Bendahara Evipania Ratih Kumala Dewi,LO dan Admin serta Ketua harian Abdul Rahim mengatakan Partai Golkar telah menyelesaikan tugas mendaftarkan 40 Bacaleg sesuai kuota dan memenuhi aturan 30% keterwakilan Perempuan dan dinyatakan diterima oleh KPUD Sanggau

“Kami partai Golkar telah Siap merebut hati rakyat untuk memperoleh Suara terbanyak dengan target memenangkan Pemilu Legislatif 2024 nanti. Dengan kesiapan para Bacaleg melalui proses pengkaderan dan perekrutan serta seleksi, ditambah lagi wajah wajah baru yang potensial kami optimis dan siap dengan target realistis 9 Kursi.”pungkas Ason.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS