Sambas  

Halal Bi Halal Keluarga Besar Nakhoda Bancang di Desa Pendawan, Rofi: Silaturahmi Dapat Terjalin Erat

Wabup Rofi Hadiri Halal Bi Halal Keluarga Besar Nakhoda Bancang Di Desa Pendawan.[HO- Pemkab Sambas]

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, bersilaturahmi dalam Halal bi halal bersama keluarga  besar Nakhoda Bancang  di desa pendawan Kecamatan Sambas, Sabtu (6/5/2023) malam.

Turut hadir dalam jalinan silaturahmi suasana idul fitri 1444H ini,Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan beserta isteri, Pemangku adat kesultanan Sambas, Uray Reza, Kapolsek Sambas, Kepala Desa Pendawan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, masyarakat desa pendawan, serta tamu undangan. Setibanya Wakil Bupati Sambas disambut dengan penuh kehangatan yang dibalut dengan tema ngilangkan salo’ dengan insanak.

Kegiatan halal bihalal di awali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an. Kepala Desa Pendawan, Jumadi Bulyan, Mengatakan bahwa Kegiatan halal bi halal ini merupakan mediasi dalam memperpanjang jalinan silaturahmi khususnya keluarga besar Nakhoda Bancang yang telah tersebar diberbagai daerah.

Jumadi menambahkan bahwa Nakhoda Bancang merupakan leluhur  yang telah mendirikan Desa pendawan pada masa kesultanan sambas yang ketiga.

Pangeran Ratu Muhammad tarhan berpesan kepada seluruh undangan yang hadir untuk peduli serta meningkatkan nilai-nilai sejarah sebagai identitas, memperhatikan kondisi situs-situs sejarah kesultanan sambas khususnya makam-makam  yang ada, serta para pendahulu kesultanan sambas telah mewariskan nilai-nilai serta khazanah yang sangat tinggi.

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi mengatakan bahwa halal bi halal merupakan moment unik yang hanya ada di indonesia.

“Halal bi halal merupakan momen sejarah yang hanya ada di Indonesia yang pertsma kali diadakan tahin 1948 oleh Kh. Abdil  wahab pendiri Nu,”katanya, dalam keterangan tertulis diterima Suarakalbar.co.id, Selasa(9/5/2023).

Rofi berharap agar lebih mempererat jalinan silaturahmi antar sesama sehingga meningkatkan semangat dan solidaritas dalam melakukan pembangunan. “Mudahan silaturahmi yang terjalin tambah erat,”sambungnya.

Dimomen yang penuh kekeluargaan itu rofi mengucapkan selamat hari raya idul fitri kepada seluruh hadirin. “Saya dan keluarga besar mengucapkan minal adzin wal fa idzin, mohon maaf yang sebesar besar nya atas segala kehilafan serta dalam keseheharian saya sebagai wakil bupati Sambas,”tutupnnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS