Kalbar  

Puncak Arus Balik di Bandara Supadio Diprediksi 30 Maret

Bandara internasional Supadio Pontianak. [ANT]

Pontianak (Suara Kalbar) – Head of Safety Risk and Quality Control PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Supadio, Idham Rahadian memprediksikan puncak arus balik Lebaran tahun 2023 di bandara internasional Supadio akan terjadi pada hari Minggu (30/4/2023) mendatang.

“Kondisi ini dikarena pada hari Minggu nanti merupakan hari terakhir libur bagi pelajar maupun pekerja swasta. Terlebih dengan adanya instruksi presiden beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa ASN, BUMN, maupun TNI/Polri yang tidak urgen kembali di tempat kerjanya agar bisa mengatur mekanismenya terkait penambahan cuti mau pun cuti tahunan,” kata Idham di Sungai Raya, Rabu (26/4/2023) melansir dari ANTARA.

Dia menjelaskan, sebelumnya pihaknya memprediksi arus balik akan terjadi pada hari ini, namun hal itu kemungkinan akan bergeser pada tanggal 30 April atau 1 Mei 2023.

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang, pihaknya melakukan beberapa antisipasi, termasuk sejumlah maskapai penerbangan dengan mengajukan extra flight.

Idham menuturkan, untuk extra flight, sebenarnya beberapa maskapai penerbangan sudah mengajukannya sebelum arus mudik, yang mana beberapa maskapai penerbangan mengajukannya selama 20 hari sejak tanggal 12 April sampai 2 Mei 2023.

“Maskapai penerbangan yang sudah mengajukan extra flight itu antara lain, Garuda Indonesia dengan rute penerbangan Jakarta dan Solo, Super Air Jeet dengan tujuan Jakarta dan Jogjakarta, dan Nam Air dengan rute penerbangan Jakarta dan Solo,” kata Idham.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Internasional Supadio sudah menyiapkan mekanisme-mekanisme sehingga tidak terjadi penundaan (keterlambatan keberangkatan) akibat adanya penumpukan penumpang.

“Kami juga sudah melakukan pemeriksaan runway dan fasilitas-fasilitas lainnya di bandar udara guna memperlancar operasional penerbangan. Kami juga menghimbau kepada pemudik yang akan melakukan arus balik agar tidak membawa barang berlebihan yang akan berdampak pada pemudik itu sendiri,” katanya.

Ia juga meminta agar pemudik tidak membawa barang bawaan terlalu banyak, karena kondisi itu akan menghambat para penumpang untuk proses penerbangan sehingga akan berdampak akan ketinggalan pesawat.

“Meski kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir ini bervariasi, namun Alhamdulillah, kondisi itu tidak berdampak adanya pesawat yang dialihkan ke bandara lain akibat dari cuaca buruk. Alhamdulillah, secara umum kondisi arus balik lebaran sejak H+1 sampai H+3 masih terpantau aman dan lancar dan dirinya berharap kondisi ini bisa terus berlangsung sampai pada puncak arus balik lebaran 2023 pada 30 April nanti,” kata Idham.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS