Operasi Pasar Murah Singkawang, Solusi Pemkot untuk Menekan Harga Sembako Jelang Idul Fitri 2023

Operasi Pasar Murah tahap II kembali digelar Pemkot Singkawang melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM di Jalan Salam Diman, Rabu (12/4/2023).[HO-MC Singkawang]

Singkawang (Suara Kalbar)- Operasi Pasar Murah tahap II kembali digelar Pemkot Singkawang melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM di Jalan Salam Diman, Rabu (12/4/2023). Operasi pasar ini digelar dalam rangka pengendalian inflasi daerah dengan menyebar 1.300 paket sembako.

Setiap paket yang berisikan Beras Premium 5 kg, Gula Pasir 2 kg dan Minyak Goreng Kemasan 2 liter ini dibanderol dengan harga Rp 87.300. Untuk membeli paket tersebut, setiap pembeli cukup membawa selembar fotokopi KTP dan KK.

“Adapun paket sembako yang kita sebarkan pada hari ini berjumlah kurang lebih 1.300 paket. Harga normal di pasaran setiap paketnya senilai Rp134 ribu. Tetapi dengan subsidi pemerintah sebesar 35 persen, masyarakat cukup membayar Rp87.300 saja,” ujar Muslimin, Kepala Dinas Daginkop UKM Kota Singkawang, dalam keterangan tertulis diterima Suarakalbar.co.id, Jumat(14/4/2023).

Selain untuk menekan inflasi, Muslimin berharap besaran subsidi yang diberikan dapat sedikit membantu mencukupi kebutuhan rumah tangga dan meringankan beban perekonomian masyarakat sepanjang bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H.

“Menjelang Idul Fitri, tren kenaikan harga khususnya untuk ketiga komiditi ini meningkat sekitar Rp1.000-Rp2.000. Harapannya dengan adanya subsidi pada operasi pasar ini sekalian untuk membantu masyarakat dan menekanharga yang digelontorkan oleh pedagang, baik di pasar Beringin ataupun di pasar Alianyang,” ujarnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS