Longsor Sengah Temila Landak, Sejumlah Fasum Terdampak

Salah satu akses jalan di Dusun Pakatan Desa Andeng Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak yang harus terputus lantaran terdampak tanah longsor pada Rabu (26/04/2023) sore.[Suarakalbar.co.id/Septa Haryati]

Pontianak (Suara Kalbar) – Musibah tanah longsor terjadi di kawasan Dusun Pakatan Desa Andeng Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Rabu (26/04/2023) sore sekitar pukul 15:00 WIB tanah longsor pun menimpa satu unit jembatan dua pipa air bersih 50 meter jalan dan satu unit bendungan rusak.

Ketua Satgas Informasi BPBD Kalbar Daniel mengatakan jika pihaknya sudah melakukan koordinasi Bersama BPBD Landak dan pemerintah daerah setempat untuk melakukan upaya penggusuran material tanah, kayu dan batu yang menutup badan jalan antar penghubung desa lain.

“ Kini akses jalan yang terhambat sudah dapat dilalui dan material sudah digusur,” kata Daniel saat dikonfirmasi pada Kamis (27/04/2023) siang.

Adanya curah hujan akhir – akhir ini Daniel meminta kepada masyarakat dan BPBD setempat waspada terhadap daerah pegunungan yang berpotensi longsor,khususnya bagi masyarakat Dusun Pakatan Desa Andeng yang kini tengah dilanda longsor.

“Bagi masyarakat yang dekat dengan pegunungan diharapkan dapat mengungsi agar tidak menimbulkan korban,” imbuhnya.

Selain itu Daniel pun meminta gerak cepat BPBD di 14 Kabupaten Kota jika ditemukan adanya musibah atau bencana alam untuk segera melaporkan kepada BPBD Kalbar agar pihaknya dapat memberikan bantuan dan menurunkan tim.