Keripik Keladi Pontianak, Oleh-oleh Enak dan Gurih yang Wajib Dicoba

Keripik Talas (keladi) Pontianak.[Coopad/@erafani_2000]

Suara Kalbar – Jika Anda berkunjung ke kota Pontianak, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh yang satu ini, yaitu keripik keladi Pontianak. Cookpaders, sangat merekomendasikan keripik keladi sebagai oleh-oleh khas dari kota ini. Rasanya yang enak, gurih, dan renyah membuat keripik keladi Pontianak menjadi camilan favorit bagi banyak orang.

Mengutip dari Coopad.com, Begini cara dan bahan pembuatannya:

Bahan-bahan

1 toples

650 gr talas/keladi Pontianak
1 sdm garam
Minyak untuk menggoreng
Air bersih untuk merendam
Bumbu:
2 siung bawang putih dihaluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat

1. Kupas talas pontianak dan cuci bersih hingga permukaannya tidak licin.
2. Belah keladi (saya jadi dua bagian agar mudah pengerjaannya), dan cuci talas hingga permukaannya tidak licin. Lalu serut semua talas dengan alat parutan penyerut (saya pilih yang serutannya yang besar).
3. Cuci bersih perlahan talas serut hingga airnya bening (saya hitung sekitar 10x cuci). Lalu tiriskan.
4. Tuang lagi talas kedalam baskom berisi air bersih dan beri 2 sdm garam, lalu biarkan terendam (saya semalam). Setelah itu angkat, bilas dan cuci lagi, lalu ditiriskan.
5. Masukkan bumbu kedalam talas, aduk perlahan. Kemudian goreng dengan minyak panas dan cukup, sehingga talas terendam (tips agar talas bentuknya panjang dan tidak patah: pertama gunakan api besar, setelah talas sudah tidak rapuh kecilkan api kompor menjadi sedang). Goreng hingga matang dan sesekali dibalik. Setelah kecoklatan dan minyak tenang, angkat dan tiriskan. Setelah dingin jika suka tambahkan bumbu balado atau lainnya sesuai selera.
6. Simpan dalam toples kedap udara.

penggemar kuliner di Pontianak sangat merekomendasikan keripik keladi sebagai oleh-oleh yang wajib dicoba. Selain rasanya yang enak, gurih, dan renyah, keripik keladi Pontianak juga menjadi salah satu produk kuliner khas yang menggambarkan keberagaman budaya dan kuliner di kota Pontianak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS