Erick Thohir: Garansi Ketersediaan BBM di Jalur Mudik Lebaran 2023

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Suara Kalbar – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberikan garansi kepada masyarakat terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalur mudik lebaran tahun 2023. Hal ini dipastikan setelah Erick Thohir melakukan pengecekan langsung terhadap pasokan BBM di Pertamina.

“Kuotanya aman, saya sudah mengecek pasokan ke Pertamina,” kata Erick Thohir di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, pada Senin (10/4/2023).

Selain memastikan ketersediaan kuota, Erick Thohir juga menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beragam fasilitas untuk memudahkan pemudik mengisi BBM selama perjalanan mudik.

“Nanti juga ada motor membawa dirigen (BBM), ada pengisian BBM yang bisa pindah-pindah, itu kita dorong yang mobile,” ungkapnya.

Baca Juga: Erick Thohir Mau Bertemu Shin Tae-yong Bicara Kepastian Kontrak

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, sebelumnya telah mengungkapkan bahwa diperkirakan akan ada 123,8 juta orang yang melakukan mudik pada hari raya Idul Fitri 2023 berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jumlah ini meningkat 44 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu tahun 2022.

“Kita memang sudah mengantisipasi satu bulan sebelumnya, bahkan kita melakukan survei bahwa 45,8 persen atau 123 juta jumlah penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik saat Lebaran. Nah, ini meningkat 44 persen,” kata Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V yang membahas mudik lebaran 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (4/3/2023).

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) memastikan kesiapan layanan pasokan energi di sepanjang jalur arus mudik lebaran. Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 1.500 outlet, beberapa di antaranya beroperasi 24 jam, yang didukung oleh 5.000 agen serta ribuan motor pengangkut BBM.

Dengan adanya garansi dari Menteri BUMN Erick Thohir dan kesiapan pasokan BBM dari PT Pertamina, diharapkan pemudik yang melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2023 dapat lebih tenang dan nyaman, serta terhindar dari masalah ketersediaan BBM di perjalanan. Fasilitas-fasilitas yang telah disiapkan oleh pemerintah juga diharapkan dapat memudahkan pemudik dalam mengisi BBM selama perjalanan mudik, sehingga perjalanan mudik dapat berjalan lancar dan aman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS