Arus Balik Idul Fitri Membludak di Teluk Batang, Polisi Imbau Pemudik Tetap Tertib

Kondisi Penumpang di Pelabuhan Teluk Batang hingga malam masih terlihat ramai. [Suarakalbar.co.id/Wiwin]

Kayong Utara (Sura Kalbar)- Kapolres Kayong Utara AKBP Achmad Dharmianto melalui Kapolsek Teluk Batang AKP. Rudianto menerangkan anggota kepolisian tetap melaksanakan patroli dan himbauan baik kepada nahkoda maupun para pemudik untuk tertib dan berebut atapun berdesak desakan.

“Yang utama adalah Keselamatan penumpang harus didahulukan jagan sampai overload (melebihi kapasitas) guna mengantisipasi terjadi nya laka air seperti kapal tenggelam ataupun kebocoran ditengah perjalanan nantinya,”katanya.

Sebelumnya, Antrean penumpang dan kendaraan sepeda motor di Pelabuhan Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara membeludak pada arus balik lebaran, Minggu (30/4/2023) sore. Para penumpang yang membawa kendaraan sepeda motor tersebut akan bertolak menuju Pelabuhan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, dengan menggunakan Kapal Motor (Klotok) KM.

Pantauan Suarakalbar.co.id, jumlah sepeda motor yang mengantre di Pelabuhan Teluk Batang diperkirakan mencapai ribuan unit baik dari Kabupaten Kayong Utara maupun Ketapang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Teluk Batang, Dahlan, ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa lonjakan penumpang terlihat sejak sore hari, yang sering terjadi setiap tahun pada saat mudik lebaran maupun arus balik lebaran.

“Meledak sekitar jam 3 sore. Karena pagi masih normal (penumpang). Dan sekarang yang terangkut penumpangnya ada sekitar 930 orang,” ujarnya.

Dahlan menambahkan, bagi penumpang yang tidak kebagian tiket, akan diupayakan kembali dengan armada lainnya, milik swasta yang baru saja tiba dari Rasau Jaya di Pelabuhan Teluk Batang ini.

“Kalau penumpang masih ramai tidak terangkut, kita koordinasi dengan armada yang datang malam ini, kita berangkat kan. Karena kita dari pemerintah tidak ada armada, paling adanya kapal swasta. Tiap tahun bisa seperti itu, yang penting memenuhi target,” katanya.

Namun, satu di antara penumpang, Yogi, menilai bahwa pelayanan di Pelabuhan Teluk Batang masih belum siap. Sehingga, membuat dirinya dan penumpang lainnya antre hingga berjam-jam. Bahkan, dirinya mungkin tidak akan kebagian tiket.

“Saya dari jam 2 siang sampai sore ini belum dapat tiket. Kecewa dengan pelayanan ini, kurang disiplin,” terang Yogi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS