Pramuka Sekadau Gelar Seleksi Calon Peserta Raimuna Nasional XII di Cibubur

Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sekadau melakukan pembekalan dan seleksi untuk calon peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 pada 25 Maret di GOR Haji Matkali SMK Amaliyah. SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Sekadau (Suara Kalbar) – Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sekadau melakukan pembekalan dan seleksi untuk calon peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 pada 25 Maret di GOR Haji Matkali SMK Amaliyah.

Rainas XIII akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 21 Agustus 2023 bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur.

“Kegiatan Raimuna Nasional dikenal oleh Kwarnas. Kwarnas sendiri mengundang seluruh Kwartir daerah seluruh Indonesia, 33 Provinsi dari setiap Provinsi tersebut diberikan jatah setiap Kabupaten,”kata Sekretaris Kwarcab Pramuka Sekadau, Herman Adang kepada Suarakalbar.co.id, Selasa (28/3/2023).

Guna persiapan mengikuti Rainas Kwarcab penaggak, Sekadau membuka peluang terbuka bagi semua peneggak/pandegak se Kabupaten Sekadau, dengan mengadakan kegiatan seleksi bagi Pramuka Peneggak dan Pandegak.

“Kwartir Cabang sendiri diminta ada 4 umpi, 1 umpi berjumlah 8 orang jadi karena ada 4 umpi berarti ada 32 jumlah peserta yang akan dikirimkan ke Jakarta, Cibubur untuk mewakili Kabupaten Sekadau,” terang Adang.

Kegiatan seleksi ini dilakukan melalui pembekalan terlebih dahulu kepada para calon peserta. Didalam Pramuka golongan peneggak ada 2 tingkatan yaitu, tingkat Peneggak Bantara dan tingakat Peneggak Laksana.

“Ternyata dalam setiap sekolah ada yang mendaftarkan 10 peserta untuk ikut Seleksi Raimuna Nasional ini, hampir 200 peserta yang ikut seleksi,” ungkapnya.

Untuk wilayah Kwarcab Kabupaten Sekadau yang terdiri dari 7 Kwarran, maka tim seleksi membagi menjadi 3 wilayah kegiatan melalui zona.

Zona pertama di Kwarran Sekadau Hilir, untuk zona kedua di Kwarran Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap, untuk zona terakhir atau ketiga itu Kwarran Belitang, Belitang Hilir dan Belitang Hulu.

“Selain seleksi adminitrasi, tim juga menitik beratkan pada karakter calon peserta yang nantinya terpilih untuk menjalankan Darma Pramuka. Karena untuk membangun mental dan semangat para calon peserta, Kwarcab berupaya memanfaatkan momen Rainas dalam memicu semangat gudep-gudep penenggak/pandega kembali, setelah beberapa tahun kurang aktif karena Covid-19,” ungkap Adang.

Adang menjelaskan, Kwarcab melalukan kunjungan ke 7 Kwarran dan terdapat beberapa kendala pada setiap gudep, pertama karena terbatasnya latihan pramuka disebabkan pandemi, kedua karena pembina pramuka ada yang digantikan tidak punya lesensi atau pengalaman disebabkan pembina ada yang ikut tes P3K dan CPNS, ketiga pengkaderan anggkatan (pengurus ambalan) tidak dapat dilakukan karena setelah pancum lama (senior/kakak angkatan).

“Kegiatan dijadwalkan sebanyak 3 kali pertemuan, yakni di zona pertama pada tanggal 25 Maret 2023, zona kedua pada tanggal 2 sampai 7 April 2023, dan di zona ketiga pada tanggal 26 Maret sampai 1 April 2023. Sedangkan pada pertemuan yang ke 3 nanti dilaksanakan secara serempat selama 2 hari di Sekadau Hilir pada tanggal 16-17 April 2023. Raimuna Nasional ini sendiri dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, ini merupakan salah satu momen yang sangat langka,” jelas Adang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS