Landak  

PKK Landak Komitmen Bantu Turunkan Angka Stunting

Foto Bersama Peserta Rakon TP PKK Kabupaten Landak. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Landak (Suara Kalbar) – Sekretaris Daerah Landak, Vinsensius meminta komitmen Tim Penggerak PKK membantu penurunan stuting di Kabupaten Landak. Karena stuting saat ini menjadi perhatian serius tidak hanya di pusat tetapi juga di daerah.

“Stuting di Kabupaten Landak harus di cegah dan diturunkan agar kualitas mutu kehidupan masyarakat Kabupaten Landak semakin baik,” kata Vinsen saat menghadiri rapat konsultasi TP PKK Landak dengan tema Pemantapan 10 Program Pokok PKK dalam Rangka Menurunkan Angka Stunting Melalui Strategi Gerakan TP PKK Kabupaten Landak, Selasa, (21/3/2023).

Acara di aula kantor Bupati Landak dihadir Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Landak, para Kepala OPD, Camat Se-kabupaten Landak, dan Peserta Rakon PKK Kabupaten dan Kecamatan,

“Intervensi terhadap pencegahan dan penanganan kasus stuting harus dilakukan secara sinergis antara sektor kesehatan dan non kesehatan. Kasus pandemi Covid-19 yang lalu sangat berpotensi meningkatkan angka stuting yang mengakibatkan kegiatan posyandu terhenti selama pandemi,” tegas Vinsen.

Vinsen berharap kepada seluruh perangkat daerah bersama stakeholder yang terkait dapat melakukan inovasi upaya pemenuhan gizi masyarakat, utamanya bagi mereka yang rentan seperti ibu hamil dan anak balita bisa tetap terpenuhi, dengan cara perkuat dan gunakan kearifan lokal di masing-masing wilayah.

“Saya minta kepada perangkat daerah dan para stakeholder, untuk tetap memantau status gizi kelompok rentan dengan menerapkan 6 langka pengendalian stunting seperti integrasi program untuk menjaga gizi seimbang, mengamankan rantai pasok panganyang sehat dan bergizi, penyediaan layanan rutin gizi ibu, bayi dan balita, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, menyediakan layanan rutin pencegahan kekurangan gizi, dan pengambilan data tepat waktu dan informasi pembaruan keamanan pangan melalui kolaborasi lintas sektor,” terang Vinsen.

Vinsen menambahkan, PKK Kabupaten Landak hadir membantu menjawab tantangan pembangunan khususnya dalam rangka mencegah dan menurunkan stuting melalui 10 program unggulan PKK. Dirinya mengajak kader PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa hingga Dasawisma untuk bersama-sama pemerintah daerah menurunkan stunting.

“PKK adalah ujung tombak pembangunan yang dapat mengayomi seluruh kepentingan masyarakat dan PKK kata lain merupakan pekerja keras yang bekerja dengan hati tampa pamrih. saya percaya, PKK sebagai ujung tombak pembangunan menjadi mitra yang baik secara berjenjang dan berkesinambungan yang dapat mensejahterakan keluarga dan masyarakat utamanya dalam penaganan stuting,” tutup Vinsen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS