Landak  

Desa Mungguk di Landak Bukti Sejarah Paling Tua

Salah satu makam tua di Desa Mungguk Kecamatan Ngabang, Landak. SUARAKALBAR.CO.ID/Dok Pribadi Jamin Haris

Catatan: Jamin Haris, Ketua Pergunu Kalbar

DESA Mungguk adalah bukti sejarah paling tua. Desa ini termasuk dalam situs sejarah desa tertua di Kecamatan Ngabang Landak, dari religius atau keyakinan beragama masih sangat tinggi, disini ada kegiatan yang sampai sekarang lestari pengajian-pengajian, majlis ta’lim, amalan tarekat, zikir, sholawatan, untuk kegiatan Sosio kultural masyarakat Munggok juga tinggi seperti, andilan (istilah) Melayu Monggok adalah patungan jika ada acara kawin pengantin, robo-robo, tolong menolong, kerja keras dan lainnya.

Untuk budaya peninggalan yang masih bisa disaksikan sekarang seperti, silat Abdul Kahar, Zelin Abdul Kahar, sedangkan benda sejarah Islam yg masih bisa disaksikan makam raja-raja tua, batu Nisan motif Demak, sepasang meriam perdamaian, pecahan keramik zaman dinasti Ming dan Han, petilasan atau Keramat lebay subuh, dan makam keramat lainnya, seperti makam Ratunya Bongkok.

Dari segi wisata religi bisa di jadikan aset dan PAD desa jika dikelola dengan manajemen yang baik terutama Bumdes. Uuntuk wisata alam seperti Ae’ merah, riam setegong, keramat Serawak, riam panjang, riam Serawak.

Banyak pemikiran Raja Kerajaan Landak, Raden Abdul Kahar yang masih lestari dilaksanakan oleh masyarakat Munggok. Dan sampai saat ini desa Munggok 100 persen muslim. Inilah yang membuktikan Monggok punya sejarah Islam yang tidak bisa ditelan zaman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS