Beras Premium di Mempawah Naik Harga, Komoditi Beras Lokal Bisa Jadi Alternatif

Bupati Mempawah Erlina didampingi dua pimpinan OPD saat menggelar sidak di Pasar Sebukit Rama, Rabu (15/3/2023) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok (bapok) jelang dan saat Ramadan 1444 H di Kabupaten Mempawah dalam kondisi aman, serta harga juga tidak mengalami kenaikan signifikan.

Hal itu disampaikan Bupati Erlina usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar-pasar tradisional di Kecamatan Mempawah Hilir dan Sungai Pinyuh, Rabu (15/3/2023) pagi.

“Hasil pengecekan kami langsung ke para pedagang maupun agen-agen, stok bapok masih aman. Jikalau ada kenaikan juga tidak terlalu siginifikan dan hanya pada komoditi tertentu,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengharapkan masyarakat tidak khawatir dengan ketersediaan bapok maupun kenaikan harga yang terjadi karena masih dalam tahap wajar sebagai dampak kenaikan BBM beberapa waktu lalu.

“Kendati stok masih aman dan harga tidak mengalami lonjakan, kami akan terus melakukan pemantauan. Intinya jangan sampai terjadi gangguan distribusi bapok yang bisa memicu kenaikan harga,” jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Mempawah Johana Sari Margiani, menjelaskan sidak ini merupakan agenda rutin untuk mengecek ketersediaan bapok.

“Karena tak lama lagi bulan Ramadan tiba, tentu akan ada peningkatan kebutuhan masyarakat. Jadi kita lakukan sidak untuk mengecek ketersediaan bapok maupun harga,” ungkapnya.

Hasilnya, imbuh Johana, stok bapok jelang Ramadan di pasar-pasar Mempawah dan kecamatan dalam kondisi aman. Kendati ada kenaikan, ia juga memastikan tidaklah signifikan.

“Contohnya beras premium, memang ada kenaikan. Tetapi masyarakat punya alternatif membeli beras kampung produksi Kabupaten Mempawah yang surplus dan terjangkau,” katanya.

Johana pun mengaku sudah berkomunikasi dengan Dinas Pertanian Mempawah untuk dapat menambah pasokan beras kampung untuk kebutuhan masyarakat Mempawah.

“Alhamdulillah, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah siap mensupport ketersediaan beras kampung sebagai alternatif beras premium di pasaran,” ungkapnya.

Terkait pasar murah, Johana mengatakan akan kembali dilaksanakan Pemkab Mempawah melalui Disperindagnaker pada saat Ramadan nanti memanfaatkan momentum Safari Ramadan di seluruh kecamatan.

Hadir mendampingi Bupati Erlina, Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Setda Mempawah Rohmat Effendi, Kepala DinkesPPKB Jamiril, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Gusti Basrun, serta Forkorpimda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS