Tujuan Operasi Keselamatan Kapuas 2023 yang Dihelat Polres Mempawah Mulai Hari Ini

Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah, Wakil Bupati Muhammad Pagi, dan jajaran Forkorpimda, OPD Mempawah, beserta PJU Polres Mempawah usai Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Kapuas-2023, Selasa (7/2/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Polres Mempawah, Polda Kalbar menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Kapuas-2023 yang berlangsung 7-20 Februari 2023.

Dimulainya operasi untuk mencegah maupun meminimalisir terjadinya pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas ditandai dengan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (7/2/2023).

Apel diikuti para personel Polres Mempawah, Kodim 1201 Mempawah dan Polisi Militer Sub Den Pom Sungai Pinyuh, Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, serta Satpol PP Mempawah.

Adapun target dari operasi ini adalah pengemudi kendaraan yang melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, serta menggunakan ponsel saat berkendara.

Termasuk pengendara kendaraan roda dua yang berboncengan lebih dari dua orang, kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar peruntukan dan laik jalan sesuai peraturan perundang-undangan.

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah yang menjadi inspektur apel dalam amanatnya mengatakan gelar pasukan ini sebagai cipta kondisi menjelang bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

“Melalui apel ini kita ingin mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga operasi berjalan optimal dan berhasil sesuai tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” kata AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Tujuan operasi ini, dijelaskan Kapolres adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunnya angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas.

Pasalnya menjelang Ramadan akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat, baik saat ibadah puasa dan perayaan Idul Fitri, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan gangguan kamseltibcar lantas, baik ambang gangguan maupun gangguan nyata yang berpotensi terjadinya kemacetan, pelanggaran dan laka lantas.

Kapolres Mempawah pun menegaskan bahwa Polri selama operasi keselamatan 2023 tetap mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif secara humanis.

Sedangkan penindakkan pelanggaran lantas baik nyata maupun kasat mata akan dilakukan menggunakan etle statis dan mobile dengan menggunakan blangko teguran.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan ini, diantaranya Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Dandim 1201 Letkol Inf Daru Cahyo Alam, serta Kajari Mempawah Didik Adyotomo.

Hadir juga Kadis Perhubungan dan LH Mempawah Aswin, Kasatpol PP Mempawah Kuntum Indah Pertiwi Ningsih, Wakil ketua Pengadilan Negeri Mempawah Ahmad Husaini, Para PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Mempawah, serta Perwakilan Jasa Raharja Mempawah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS