Sosialisasi Pemilu di Kalbar, Kirab Pemilu 2024 Diluncurkan

Peluncuran Kirab Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar, Selasa (14/2/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Indri

Pontianak (Suara Kalbar) – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson menghadiri Peluncuran Kirab Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar, Selasa (14/2/2023).

Kegiatan yang merupakan rangkaian menjelang Pemilu 2024 ini digelar di tujuh daerah di Indonesia yakni, Provinsi Aceh, Provinsi NTT, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Kalimantan Barat.

Sekda Kalbar, Harisson mengungkapkan, pelaksanaan pesta demokrasi pada Tahun 2024 mendatang merupakan kegiatan demokrasi terbesar di Indonesia. Oleh karenanya, dirinya berharap agar seluruh pihak yang terlibat pada pelaksanaan Pemilu tersebut melakukan berbagai persiapan dengan sebaik-baiknya guna mensukseskan penyelenggaraan pemungutan suara di Provinsi Kalbar dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

“Pemprov Kalbar mendukung atas Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024, yang hari ini mulai dilakukan di 7 titik atau Provinsi yang ada di Indonesia. Tentunya kita berharap dengan adanya Tim Kirab Pemilu ini dapat membantu memudahkan dan mengawal penyelenggaraan pemungutan suara baik itu Pemilu hingga Pilkada secara Jujur dan Adil nantinya,” ujarnya.

Pelaksanaan Kirab Pemilu Tahun 2024 itu, diluncurkan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Hasyim Asy’ari.

Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 ini dilakukan secara estafet, dimulai hari ini tanggal 14 Februari 2023 dari 7 provinsi, pertama Provinsi Banda Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Papua, pelaksanaan Kirab Pemilu ini akan berakhir di Kantor KPU Jakarta pada tanggal 25 November 2023.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, tujuan peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 ini adalah untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan partai politik serta para peserta Pemilu Tahun 2024 dengan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Kemudian melalui Kirab Pemilu ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai proses tata cara teknis penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Selain itu, Kirab Pemilu ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum serentak nantinya baik itu kualitas maupun kuantitas.

“Pelaksanaan Kirab Pemilu ini sebagai bentuk penyegaran semangat kita dalam upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemilu yang bersih, sehat dan kondusif,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS