KPU Tetapkan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Mempawah dalam Pemilu 2024, Ini Rinciannya

Ketua KPU Mempawah, M. Agoes Soesanto. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Mempawah untuk Pemilu 2024, belum lama ini.

Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi itu tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2023. Meliputi;

Dapil Mempawah 1, jumlah kursi per Dapil 9 dengan wilayah Kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur.

Dapil Mempawah 2, jumlah kursi per Dapil 7 dengan wilayah Kecamatan Sungai Kunyit, Toho dan Sadaniang.

Dapil Mempawah 3, jumlah kursi per Dapil 9 dengan wilayah Kecamatan Jongkat dan Segedong.

Dapil Mempawah 4, jumlah kursi per Dapil 10 dengan wilayah Kecamatan Sungai Pinyuh dan Anjongan.

Dengan demikian, penetapan Dapil dan Alokasi Kursi ini masih sama dengan Pemilu 2019, dan total Alokasi Kursi untuk DPRD Kabupaten Mempawah pada Pemilu 2024 juga sebanyak 35 kursi.

Ketua KPU Mempawah, M. Agoes Soesanto, ketika dikonfirmasi, membenarkan penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Mempawah sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2023 tersebut.

“Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi untuk Mempawah masih sama dengan Pemilu 2019 lalu. Kita siap melaksanakan PKPU tersebut,” tegas Agoes, sapaan akrabnya.

Agoes menyebut, sebelumnya pada pertengahan Desember 2022 lalu, KPU Mempawah telah melaksanakan uji publik rancangan penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Mempawah dalam Pemilu 2024.

Selama uji publik tersebut, KPU Mempawah mengajukan tiga rancangan Dapil yang disesuaikan dengan 7 prinsip penataan Dapil.

Ketujuh prinsip itu, imbuh Agoes, meliputi kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Adapun tiga rancangan dapil yang akan diusulkan oleh KPU Mempawah pada pertengahan Desember 2022 lalu, terdiri atas;

RANCANGAN 1

Terdiri dari 4 dapil dengan jumlah kursi 35, dan pembagian di masing-masing kecamatan sebagaimana berikut;

Dapil Mempawah 1 meliputi Mempawah Hilir dan Mempawah Timur dengan jumlah kursi 9, serta Dapil Mempawah 2 yang terdiri dari Toho, Sungai Kunyit dan Sadaniang dengan jumlah kursi 7.

Kemudian Dapil Mempawah 3 terdiri dari Jongkat dan Segedong dengan jumlah kursi 9, serta Mempawah 4 terdiri dari Sungai Pinyuh dan Anjongan dengan jumlah kursi 10.

RANCANGAN 2

Terdiri dari 4 dapil dengan jumlah kursi 35 dan pembagian di masing-masing kecamatan sebagaimana berikut;

Dapil Mempawah 1 meliputi Mempawah Hilir, Sungai Kunyit dan Mempawah Timur dengan jumlah kursi 12, serta Dapil Mempawah 2 meliputi Toho, Anjongan dan Sadaniang dengan jumlah kursi 7.

Kemudian Dapil Mempawah 3 meliputi Jongkat dan Segedong dengan jumlah kursi 9, serta Dapil Mempawah 4 meliputi Kecamatan Sungai Pinyuh dengan jumlah kursi 7.

RANCANGAN 3

Terdiri dari 4 dapil dengan jumlah kursi 35 dan pembagian di masing-masing kecamatan sebagaimana berikut;

Dapil Mempawah 1 meliputi Mempawah Hilir dan Sungai Kunyit dengan jumlah kursi 8, serta Dapil Mempawah 2 meliputi Toho, Anjongan dan Sadaniang dengan jumlah kursi 7.

Selanjutnya Dapil Mempawah 3 meliputi Jongkat dan Segedong dengan jumlah kursi 9, serta Dapil Mempawah 4 meliputi Sungai Pinyuh dan Mempawah Timur dengan jumlah kursi 11.

 

Hasil Uji Publik Tiga Sesi

Hasil dari kegiatan uji publik baik sesi pertama hingga ketiga, mayoritas undangan yang hadir mengusulkan rancangan 1 atau penataan Dapil yang sama pada Pemilu 2019 lalu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS