Korban Tewas Lampaui 17.000, Tim SAR Terus Mencari Korban Gempa di Turki dan Suriah

Seorang perempuan menggendong bayi melewati bangunan yang hancur di Kota Iskenderun, Turki selatan, Selasa, 7 Februari 2023. (Foto: AP)

Suara Kalbar – Tim SAR di Turki dan Suriah berpacu dengan waktu pada Kamis (9/2) di tengah kekurangan peralatan yang digunakan untuk menemukan korban yang terkubur di reruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa kuat yang menghantam wilayah itu pada Senin (6/2). Sejauh ini sedikitnya 17.000 orang tewas akibat gempa tersebut.

Badan penanggulangan bencana Turki mengatakan pada Kamis (9/2) bahwa sekitar 110.000 personel terlibat dalam upaya penyelamatan dan 5.500 kendaraan seperti traktor, derek, buldoser, dan ekskavator telah dikirim ke lokasi bencana untuk membantu upaya penyelamatan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi daerah dekat pusat gempa di Kota Gaziantep dan perbatasan Turki-Suriah.

Presiden Turki Tayyip Erdogan bertemu dengan orang-orang setelah gempa mematikan di Kahramanmaras, Turki, 8 Februari 2023. (Foto: via Reuters)
Presiden Turki Tayyip Erdogan bertemu dengan orang-orang setelah gempa mematikan di Kahramanmaras, Turki, 8 Februari 2023. (Foto: via Reuters)

Dia menghadapi rasa frustrasi yang meningkat dari para penyintas yang mencari orang yang mereka cintai atau menunggu bantuan dari pemerintah. Erdogan mengakui adanya masalah dengan tanggapan secara darurat atas gempa berkekuatan 7,8 magnitudo itu.

“Tidak mungkin bersiap menghadapi bencana seperti ini,” kata Erdogan. “Kami tidak akan meninggalkan warga kami tanpa perawatan.” Dia menunjuk cuaca musim dingin dan bagaimana gempa bumi telah menghancurkan landasan pacu di Bandara Hatay sebagai hal yang mengganggu kelancaran upaya bantuan.

Tim penyelamat masih menemukan orang hidup, tetapi tidak dapat menjangkau mereka tanpa peralatan dan keahlian yang dibutuhkan, bahkan selagi mereka dapat mendengar teriakan minta tolong.

Beberapa tempat pencarian juga telah menjadi arena perayaan ketika ada orang yang ditemukan dalam keadaan hidup dan diberi perawatan medis. Namun, upaya menyingkirkan puing-puing juga secara tidak sengaja sering menambah jumlah korban.

Korban Gempa Terus Bertambah, Tempat Parkir RS Turki Jadi Kamar Mayat Darurat

Erdogan mengumumkan pada Kamis (9/2) bahwa jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 14.000 di negaranya, dan lebih dari 63.000 lainnya terluka.

Di Suriah, di mana ada keluhan serupa tentang tanggapan yang lambat, sedikitnya 3.100 orang tewas dan lebih dari 5.000 lainnya terluka, menurut angka dari pemerintah Damaskus dan kelompok-kelompok penyelamat.

Erdogan mengumumkan tujuh hari berkabung nasional dan keadaan darurat tiga bulan di 10 provinsi yang terdampak langsung.

Tim SAR dan bantuan darurat dari seluruh dunia mengalir ke Turki dan Suriah sementara petugas penyelamat menggali puing-puing untuk mencari korban yang selamat. Beberapa korban yang tadinya berteriak minta tolong mulai terdiam sebelum datangnya bantuan.

Makam korban-korban gempa berkekuatan 7.8 magnitudo yang meluluhlantakkan Turki dan Suriah, di Kahramanmaras, Turki, 9 Februari 2023. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)
Makam korban-korban gempa berkekuatan 7.8 magnitudo yang meluluhlantakkan Turki dan Suriah, di Kahramanmaras, Turki, 9 Februari 2023. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

Badan-badan kemanusiaan menghadapi kekurangan bahan bakar untuk operasi, sementara suhu membeku dan infrastruktur rusak.

Program Pangan Dunia, menurut El-Mostafa Benlamlih, koordinator PBB di Suriah, Rabu (8/2), memperkirakan stok makanan di daerah tersebut hanya cukup untuk memberi makan 100.000 orang selama satu minggu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirim dua pesawat dengan pasokan medis dari pusatnya di Dubai ke Damaskus. Namun,lebih banyak persediaan perlu segera masuk.

Program Pangan Dunia pada Rabu (8/2) mengajukan permohonan sebesar $46 juta (sekitar Rp700 miliar) untuk memberikan bantuan makanan kepada setengah juta orang di Turki dan Suriah selama 3-4 bulan ke depan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS