Kapolres Sekadau Cek Penggunaan Senpi Personel

Kapolres Sekadau AKBP Suyono memimpin langsung pemeriksaaan senjata api organik Polri sebagai upaya kontrol dan pengawasan terhadap penggunaannya, Jumat (3/2/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Ho-Humas Polres Sekadau.

Sekadau (Suara Kalbar) – Kapolres Sekadau AKBP Suyono memimpin langsung pemeriksaaan senjata api organik Polri sebagai upaya kontrol dan pengawasan terhadap penggunaannya, Jumat (3/2/2023).

Didampingi sejumlah pejabat utama, seluruh senjata api laras pendek dan laras panjang diperiksa satu persatu mulai dari jumlah senpi, jumlah amunisi, surat menyurat maupun kondisinya.

Jenis senjata api yang diperiksa meliputi Revolver, senpi Bahu SS1-V1 Pindad, Senpi Bahu SS1-V2 Pindad, HS, Pistol, Ruger Mini dan senapan mesin ringan (SMR).

Menurut Kapolres Sekadau, kegiatan ini merupakan agenda rutin agar penggunaan senjata api di kalangan personel tidak disalahgunakan dan sesuai dengan peruntukannya.

“Pemegang senpi diharuskan pula untuk menggunakannya sesuai prosedur dan sebelumnya telah dinyatakan lulus dalam tes psikologi,” jelasnya.

Selain itu, diingatkan kepada personel agar tidak ceroboh saat membawa senpi, selalu merawatnya dengan baik dengan cara dibersihkan agar tidak kotor, karat dan berdebu.

“Perawatan senjata api sangat penting agar tetap dalam kondisi layak pakai dan tidak mengalami kendala apabila sewaktu-waktu digunakan,” terang Kapolres.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, senjata api laras panjang dan laras pendek yang digunakan personel maupun yang tersimpan di gudang logistik kondisinya dalam keadaan baik dan lengkap.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS