Program KNPI Kubu Raya Harus Bersentuhan Langsung Masyarakat

Pelantikan dan Raker KNPI Kubu Raya, Sabtu (29/1/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berharap KNPI harus mengambil bagian dalam proses pembangunan di Kubu Raya.

Perannya dinilai sangat penting sebagai mitra strategis pemerintah untuk membantu berbagai persoalan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“KNPI harus yang progresiv, gerakannya yang harus inovasi.Jalankan program tidak usah muluk – muluk tapi banyak program pemerintah yang bisa dijalankan yang menyentuh langsung ke masyarakat,” kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan usai menghadiri pelantikan dan raker KNPI Kubu Raya, Sabtu (29/1/2023).

Muda mencontohkan, masih banyak masyarakat yang belum memiliki surat nikah, warga yang sanitasinya belum ada, begitu pula dengan UMKM yang belum memiliki NIB.

“Nah, KNPI bisa mengajak yang lain untuk kerjakan bersama – sama. Kita kepung bakol. Jadi kerjanya terukur, ada capaiannya. Sehingga kegiatan KNPI tidak hanya habis di seremonial saja,” Muda mengingatkan.

Sementara itu Ketua KNPI Kalbar, M Nurul Haq berharap kepengurusan KNPI dapat melahirkan program yang bisa dijalankan.

“Jangan buat program bikin pesawat susah nanti terbangkannya. Tapi buat lah program yang berdasarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kubu Raya,” harapnya.

KNPI ia sebutkan bukan lah lawan bahkan selingkuhan pemerintah daerah. Karenanya KNPI harus bisa mengambil peran untuk mengisi pembangunan daerah.

“Untuk itu KNPI harus bangun kolaborasi dan sinergisitas dengan semua stakolder agar bias menjalankan program kerjanya dengan maksimal hingga akhir masa kepengurusan,” ucapnya.

Kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kubu Raya masa bakti 2023 – 2026 dipimpin oleh Musa yang terpilih melalui ajang Musyawarah Daerah (Musda) III pada akhir tahun 2022 lalu.

Mantan Komisioner KPU Kubu Raya ini merangkul perwakilan 21 Organisasi Kepemudaan (OKP) untuk duduk di dalam kepengurusan KNPI Kubu Raya.

“Sebab KNPI adalah wadah tempat berhimpun OKP sehingga bagaimana pun ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” kata Musa.

Kendati 21 bidang telah menyusun program kerja, namun Musa mengharapkan adanya satu gedung untuk sarana kegiatan pemuda yang tergabung dalam KNPI.

“Kalau boleh katakan namanya Gedung Pemuda karena kita Kubu Raya memang belum ada. Semoga saja ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS