Dorong Percepatan Desa ODF, Camat Kuala Mandor B Sebut Tengah Digencarkan

Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam sedang melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) di Kecamatan Kuala Mandor, Kamis (12/01/2023). [DOK-Suaraindo.id/Rabiansyah]

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Guna menghimpun usulan Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Kecamatan dilakukan sebelum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Kecamatan Kuala Mandor ingin membentuk Desa (Open Defecation Free) ODF pertama yang hingga kini belum dimiliki oleh kecamatan tersebut. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya pun berupaya untuk membantu terwujudnya program tersebut.

Camat Kuala Mandor B Nurwanti mengatakan, menjelang musyawarah rencana pembangunan yang diperkirakan awal februari mendatang. Sejumlah kecamatan melakukan rapat koordinasi guna menghimpun usulan yang akan di berikan pada musrenbang mendatang.

“Kami kini tengah menggencarkan program desa ODF, mengingat hingga kini kecamatan kami belum memiliki desa bebas ODF, ” katanya saat melakukan Rakor di Kecamatan Kuala Mandor B, melansir Suaraindo.id– Suara Media Network, Jumat (13/1/2023).

Lanjut, dalam usulan rakor tersebut Pemda Kubu Raya menyumbang dua jamban untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, selain usulan tersebut, pihaknya juga fokus terhadap perbaikan jalan poros yang ada di di tiap kecamatan.

“Namun jika tiap tahun terus dianggarkan agar memudahkan masyarakat yang telah dialokasikan 42 persen untuk infrastruktur,” pungkasnya.