Kalbar  

Pemprov Kalbar Sebut 23 Tahun DWP Berkiprah Didorong Manfaatkan Platform Digital

Acara Puncak Peringatan HUT Ke 23 DWP Tahun 2022 di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (13/12/2022).SUARAKALBAR.CO.ID/Ho-Adpim

Pontianak (Suara Kalbar) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berpesan kepada seluruh Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan organisasi perempuan lainnya untuk terus berkiprah positif dalam pembangunan serta berperan aktif dalam membina ketahanan keluarga.

“Beri dorongan kepada anggota keluarga untuk mengikuti perkembangan teknologi digital, namun harus bijak dalam menggunakannya, agar dapat menghindari dampak negatif-nya,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harrisonsaat memberikan sambutan acara Puncak Peringatan HUT Ke 23 DWP Tahun 2022 di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (13/12/2022).

Menurutnya, saat ini sudah memasuki fase transisi endemi covid 19, sehingga perlu mengambil langkah cepat bagi pemulihan pola kehidupan baru (new normal) hingga pemulihan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Penggunaan teknologi digital ini memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif teknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah/hoax, dan sikap anti sosial.

“Kita baru saja menghadapi pandemi Covid-19 yang membawa dampak sangat berat bagi seluruh komponen masyarakat. Alhamdulillah saat ini keadaannya semakin membaik namun dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari tentunya harus menyesuaikan kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan. Pandemi ini telah mengenalkan lebih luas kepada kita tentang penggunaan teknologi komunikasi melalui berbagai platform, yaitu zoom meeting dan media komunikasi lainnya. Dan memang kita telah berada dalam era digital, dimana segala aspek kehidupan dari yang tadinya analog menjadi serba digital atau menggunakan teknologi”, ungkap Harisson.

Sebagai organisasi mitra pemerintah, DWP dengan anggotanya berkesempatan untuk memberikan andil, berkontribusi dan manfaat bagi pembangunan. Kaum perempuan berperan begitu banyak di berbagai aspek, bahkan juga menjadi pemimpin di pemerintahan dan lembaga lainnya.

“Banyak perempuan yang menopang kehidupan perekonomian keluarga. Perempuan telah andil dalam membentuk generasi penerus bangsa dan diharapkan perannya dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Perempuan yang cerdas, mereka mandiri dan tidak suka bergantung pada orang lain. Tidak akan lari dari masalah tapi justru mencari solusinya. Sesulit apapun tantangan dalam hidupnya, selama bisa menyelesaikan sendiri, mereka akan mengandalkan dirinya dan kemampuannya,” jelas Harisson.

Sekda menambahkan, peran aktif perempuan yakni mampu menjadikan anggota keluarganya sebagai warga negara yang mandiri, cerdas, mampu berkarya dan berinteraksi dengan baik di tengah – tengah masyarakat.

“Sehingga tema ulang tahun kali ini dapat diwujudkan, yaitu Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan keluarga di Era Digital”, harapnya.

Pada kesempatan ini, Penasehat DWP Provinsi Kalimantan Barat juga berharap agar semua kegiatan yang dilakukan dalam menyemarakan HUT DWP dapat memberikan nilai positif bagi seluruh pengurus dan anggota DWP Prov Kalbar maupun DWP Kabupaten/ Kota Se- Kalimantan Barat.

“Mari bersama tumbuhkan semangat kreatifitas dengan memanfaatkan teknologi digital dalam rangka mewujudkan perempuan yang cerdas dan kuat sehingga dapat menambah sumber penghasilan keluarga kembangkan usaha yang dimiliki menjadi dikenal dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS