Antisipasi Covid-19 saat Liburan, Jaga Prokes Terutama di Kerumunan

Wisatawan memadati objek wisata Pantai Sanur saat liburan di Denpasar, Bali, Minggu (19/12/2021). ANTARA

Jakarta (Suara Kalbar) – Satgas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan terutama saat berada di kerumunan sehingga besarnya arus liburan kali ini diharapkan tidak memicu kasus COVID-19.

Ketua Satgas CoVID PB IDI DR Dr Erlina Burhan, SpP(K), MSc, melalui siaran persnya Sabtu, mengatakan, status pandemi masih berlaku, dan demikian juga halnya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, meski varian baru SARS-CoV-2 yang ada saat ini tergolong ringan, namun bukan berarti varian lama sudah tidak ada.

“Oleh karena itu, kami berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker demi melindungi diri dan orang sekitar terutama saat berada di kerumunan,” kata Erlina.

Dia menuturkan, menggunakan masker telah terbukti membantu mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui droplet. Meski aktivitas sekitar mulai berjalan normal, namun perilaku menggunakan masker sebaiknya tetap dilakukan terutama saat berada di kerumunan.

“Bagi masyarakat yang sedang mengalami gejala, tidak dianjurkan untuk bepergian, dan atau segera lakukan tes,” tutur Erlina seperti dilansir ANTARA.

Selain itu, Satgas CoVID PB IDI juga mengingatkan agar masyarakat juga segera melakukan vaksinasi booster, baik bagi yang melakukan perjalanan maupun tidak, terutama bagi masyarakat risiko tinggi seperti lansia.

Erlina juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin serta tidak sembarangan mengonsumsi makanan.

Sementara itu, Ketua Umum PB IDI, Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT meminta para tenaga medis tetap berkomitmen melayani masyarakat selama libur akhir tahun ini.

“Kami juga meminta para tenaga kesehatan untuk terus mengedukasi pasien dan masyarakat sekitar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kebersihan lingkungan,” kata dia.

Di sisi lain, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengingatkan masyarakat untuk waspada ketika membawa anak-anak di kerumunan, dan tetap menjalankan protokol kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Aktivitas liburan bersama keluarga adalah baik untuk anak bersosialisasi dengan teman sebayanya dan mengurangi paparan screentime,” ujar dia

Selain itu, sambung dia, orangtua juga perlu memperhatikan asupan makanan utama dan kudapan anak selama masa liburan ini, serta melakukan vaksinasi kejar sebelum berlibur.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS