Wakapolres Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Mapolres Mempawah

Wakapolres Kompol Rully Robinsin Polii menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Tri Rismaharini di halaman Mapolres Mempawah, Polda Kalbar, Kamis (10/11/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Humasres Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Kepolisian Resort (Polres) Mempawah, Polda Kalimantan Barat, menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 di Halaman Mapolres Mempawah, Kamis (10/11/2022).

Wakapolres Mempawah, Kompol Rully Robinson Polii, yang menjadi inspektur upacara dalam kesempatan itu membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Di saat bersamaan, Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah, bersama jajaran Forkorpimda menghadiri peringatan serupa di halaman Kantor Bupati Mempawah.

Mensos menyebut peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara merdeka.

“Mari kita hidupkan kembali dalam benak kita semangat perjuangan dan keihklasan para pahlawan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan,” katanya.

Hari ini, lanjut Risma, bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata di hadapan kita.

“Seperti pemanasan global yang memicu beragam terjadinya bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, sehingga perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi COVID-19, serta kelangkaan sumber daya harus senantiasa diperjuangkan bersama-sama dan sungguh-sungguh.

Risma juga menyampaikan kabar gembira. Ia melihat dan merasakan geliat serta semangat masyarakat dari mulai Aceh hingga Papua untuk bangkit semakin menyala.

“Ada semangat menyuarakan gairah untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih ketrampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi,” ungkapnya.

Dan ia mengatakan inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta.

“Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi pahlawan bangsa di masa depan. Karena kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang,” tegasnya.

Terkait tema yang diusung pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini yaitu Pahlawanku Teladanku, diharapkan Risma, dapat menjadi penyemangat bagi seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Semangat Hari Pahlawan memberikan kita energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa agar terus bersatu dan membantu sesama. Jangan mau dipecah belah, ingatlah slogan Bhinneka Tunggal Ika,” ucap dia.

Mari, imbuh Risma, jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain.

Kemudian mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” ucapnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan di Mapolres Mempawah selain diikuti para pejabat utama dan anggota polres, juga para siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar yang berjumlah dua peleton.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS