Asistensi Pokdarkamtibmas di Jongkat, Polres Mempawah Gandeng KPU dan Bawaslu Jadi Narsum Pemilu

Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah berfoto bersama jajaran Forkorpimcam Jongkat, kepala desa dan tokoh masyarakat pada Asistensi Pokdarkamtibmas Polres Mempawah di Gedung UPLKB, Desa Jungkat, Kecamatan Jongkat, Kamis (24/11/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Humasres Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah menaruh harapan besar terhadap keberadaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) dalam mendukung terciptanya situasi aman dan kondusif di masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres saat menghadiri kegiatan Asistensi Pokdarkamtibmas Polres Mempawah, di Gedung UPLKB, Desa Jungkat Kecamatan Jongkat, Kamis (24/11/2022) pagi.

Ia menegaskan, Pokdarkamtibmas menjadi garda terdepan menjaga kamtibmas. Karena memiliki tugas melakukan pembinaan dan mendewasakan masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Apalagi, imbuh AKBP Fauzan Sukmawansyah, pada tahun 2024 Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan kepala daerah, anggota legislatif, serta presiden dan wakil presiden.

“Untuk itu, hendaknya kita bersama-sama tetap selalu menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Mempawah, termasuk di Kecamatan Jongkat,” ujar Kapolres.

Kemudian berkaitan dengan penyelesaian permasalahan di masyarakat, Kapolres meminta agar  tetap mengedepankan musyawarah kekeluargaan.

“Apabila sudah dilaporkan ke penegak hukum, maka bisa diselesaikan secara Restorative Justice, namun dengan kesepakatan kedua belah pihak,” jelasnya.

Lebih lanjut, AKBP Fauzan Sukmawansyah juga mengajak agar generasi muda Kabupaten Mempawah mulai mempersiapkan diri seiring beroperasinya Terminal Kijing dan terbukanya peluang penyerapan tenaga kerja di sana.

“Generasi muda Kabupaten Mempawah harus memiliki SDM yang unggul dan berkualitas guna menghadapi tantangan ke depan. Apalagi di daerah kita ada Pelabuhan Internasional Kijing maupun perusahaan-perusahaan besar lainnya,” ucap dia.

Kapolres tak ingin, saat Terminal Kijing beroperasi, justru masyarakat Kabupaten Mempawah hanya menjadi penonton di rumah sendiri karena tidak memiliki keahlian dan keterampilan.

Menariknya, rangkaian kegiatan Asistensi Pokdarkamtibmas juga diisi dengan penyampaian materi dari Komisioner KPU Mempawah yang disampaikan Munawaroh, serta Ketua Bawaslu Mempawah Akhmad Amirudin.

Hadir dalam kegiatan itu, Kasat Binmas Polres Mempawah Iptu Imam Widhiatmoko, Camat Jongkat Reno Prawira, Danramil Jongkat Kapten Inf Ari Cahyono, Kapolsek Jongkat Ipda Fadhila Nugrah Sakti.

Selain itu hadir pula para kepala Puskemas di Kecamatan Jongkat, para kepala desa serta para tokoh masyarakat, agama, adat, dan pemuda se-Kecamatan Jongkat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS