Jumat Bersih Forkorpimcam bersama Warga Cegah Banjir di Sungai Pinyuh

  • Bagikan
Gotong royong jajaran Forkorpimcam Sungai Pinyuh bersama masyarakat, Jumat (16/9/2022), saat membersihkan parit guna mencegah banjir akibat tingginya curah hujan akhir-akhir ini. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Forkorpimcam Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, bersama masyarakat bahu membahu membersihkan parit dan selokan di kawasan Jalan Seliung, Jumat (16/9/2022) pagi.

Aksi gotong-royong ini dilakukan Forkorpimcam dan masyarakat untuk mencegah banjir akibat tingginya curah hujan dan saluran air yang tersumbat, baik oleh sampah maupun rumput liar.

Terlihat pada kegiatan ini, jajaran Forkorpimcam (dulu Muspika), tanpa ragu masuk ke selokan, ikut mengais dan mengumpulkan sampah-sampah yang menumpuk serta membersihkan rumput-rumput liar yang menyumbat.

Kapolsek Sungai Pinyuh AKP Rismanto Ginting, mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan oleh Forkorpimcam bersama personel Polsek, Koramil, staff kecamatan, serta warga sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini juga menjadi bentuk edukasi kami kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar kotor, maka lakukanlah kerja bakti membersihkannya,” ujarnya.

Apalagi, sekarang ini musim hujan dan beberapa wilayah di wilayah Kecamatan Sungai Pinyuh sempat terendam banjir beberapa waktu lalu, sehingga mengharuskan pihak sekolah meliburkan siswa karena tingginya genangan air.

“Tentu kita tidak ingin kejadian serupa terulang kembali. Untuk itu, hari ini kita sama-sama kerja bakti membersihkan lingkungan, karena salah satu pemicu banjir adalah parit atau selokan yang tersumbat,” ajak AKP Rismanto Ginting.

Kapolsek selanjutnya mengimbau masyarakat agar kegiatan gotong royong dapat dilakukan secara rutin di setiap desa dan kelurahan.

“Selain itu, warga yang membangun rumah atau ruko turut kita imbau agar tidak memperkecil parit, apalagi sampai menutupnya. Sebab lama-kelamaan parit akan tersumbat dan menyebabkan terjadinya banjir,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan