Musim Hujan, Warga Sambas Diingatkan Waspada Banjir

Kondisi banjir di Desa Buduk Sempadang Kecamatan Selakau Timur, Sambas [SUARAKALBAR.CO.ID/Innova

Sambas (Suara Kalbar) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan waspada hujan lebat yang memicu terjadinya banjir, tak terkecuali di Kabupaten Sambas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari anggota Tagana Kabupaten Sambas, hujan deras yang melanda Kabupaten Sambas mengakibatkan beberapa wilayah terdampak banjir, diantaranya desa Buduk Sempadang kecamaan Selakau Timur, beberapa desa di Kecamatan Sebawi dan kecamatan Sambas

Koordinator Tagana Kabupaten Sambas, Chadari mengatakan, bencana banjir akibat hujan deras dialami beberapa desa, seperti titik lokasi di dusun Selobat Desa Buduk Sempadang Kecamatan Selakau Timur telah terjadi banjir pada tanggal 5 Agustus dengan kedalaman air 30 senti hingga satu meter.

“Saya sudah memerintahkan seluruh anggota Tagana untuk memonitor potensi bencana banjir di seluruh wilayah Kabupaten Sambas dan jika ada segera melaporkannya,” ujar Chadari.

Bahkan di Dusun Sabung Setangga (SP1) desa Sabung kecamatan Subah Kabupaten Sambas terjadi curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir BAH.

Kondisi ini menyebabkan akses jalan poros tergenang air setinggi kurang lebih 1 meter sepanjang 450 meter.
Beberapa Rumah warga RT 16 tergenang air (air masuk rumah 1 papan s/d 4 papan). Sebanyak 4 KK atau 13 jiwa terpaksa mengungsi ketempat keluarga terdekat.

Perkiraan air semakin naik,hujan dihulu dan ada informasi jalan sambas-ledo dekat PT sds tergenang diperkirakan air dari sana akan sampai lokasi dalam 4 jam.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Nanang Buchori dalam siaran rilis menyampaikan waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian wilayah Kalbar pada tanggal 5 Agustus 2022 .

Dia menyampaikan waspada potensi terjadinya genangan dan banjir akibat hujan lebat diperkirakan pada tanggal 5 hingga 6 Agustus. “Kategori waspada di sebagian kabupaten kota diantaranya kabupaten kubu Raya, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Sambas dan Kota Singkawang,” terangnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS