Kembali ke Usulan Awal, IKBM Dukung Penamaan Pelabuhan Kijing Mempawah

Usman Alatas, Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Mempawah. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, berharap penamaan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak dapat diperjuangkan agar kembali ke usulan awal.

“Sebelummya, kami selaku bagian dari elemen masyarakat Kabupaten Mempawah mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan pelabuhan kebanggaan kita, Terminal Kijing,” ungkap Usman Alantas, Ketua IKBM Kabupaten Mempawah, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, dengan telah resminya operasional pelabuhan akan memberi dampak yang besar bagi pertumbuhan sektor ekonomi. Tidak saja bagi masyarakat Kabupaten Mempawah, tapi juga Kalimantan Barat.

Terkait arahan Presiden Jokowi yang mempersilakan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengusulkan perubahan nama pelabuhan, IKBM turut mengapresiasi.

“IKBM berharap seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mempawah tetap bersatu untuk memperjuangkan nama pelabuhan kembali ke usulan awal yang telah disepakati semua pihak,” ujarnya.

Usulan awal yang telah disepakati para pihak di Mempawah itu adalah Pelabuhan Kijing Mempawah.

“Terlebih, usulan nama Pelabuhan Kijing Mempawah ini telah disampaikan secara resmi ke Pemprov Kalbar dan pemerintah pusat melalui Badan Informasi Geopasial RI,” ungkapnya.

Usman Alatas selanjutnya memaparkan pengajuan nama Pelabuhan Kijing Mempawah bukan tanpa proses.

Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Tim Kerja Pembakuan Nama Rupabumi Kabupaten Mempawah telah melaksanakan sejumlah tahapan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi.

Tahapan tersebut meliputi Rapat Identifikasi dan Penamaan Rupabumi Kabupaten Mempawah pada 1 April 2022.

Kemudian, berlanjut dengan Rapat Persiapan FGD/Konsultasi Publik Penamaan Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah pada 5 April 2022.

Lalu, pada 5 April 2022 digelar Konsultasi Publik Penamaan Pelabuhan Kijing di Kabupaten Mempawah pada 13 April 2022.

“Akhirnya, pada 13 April 2022 terbit Keputusan Bupati Mempawah Nomor 109 tahun 2022 yang menetapkan Penamaan Pelabuhan Kijing Mempawah, yang kemudian hasil penamaan ini disampaikan ke Gubernur Kalimantan Barat,” imbuhnya.

Karena itu, IKBM berharap tidak muncul lagi polemik terkait penamaan pelabuhan Kijing di masa mendatang.

“Dengan ini, berdasarkan nilai historis dan kesepakatan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Mempawah, maka kami mendukung penamaan itu kembali ke usulan awal, yakni Pelabuhan Kjing Mempawah,” tegasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS