Sutarmidji Minta Distribusi Alsintan Merata di Kalbar

Gubernur Kalbar, Sutarmidji

Pontianak (Suara Kalbar) – Guna menciptakan hasil panen yang baik dan berkualitas di perlukan alat penunjang pertanian yang bagus pula, maka dari itu Gubernur Kalbar meminta pemerintah pusat melakukan pendistribusian alat mesin pertanian (alsintan)  secara merata di Kalimantan Barat.

Menurut Gubernur Kalbar Sutarmidji , beras dari luar Kalbar masih masuk,padahal menurutnya hasil panen padi para petani yang tersebar di 14 kabupaten kota cukup memadai.

“Hasil panen kita 1,7 juta ton gabah kering tapi kenapa beras luar masih masuk. Nah ini kita benah sehingga saya ingin fokus pada 300 ribu hektar lahan pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan Kalbar,” terangnya.

Tak hanya itu Sutarmidji meminta kepada pemerintah pusat melakukan pendistribusian alsintan ata alat dan mesin pertanian secara merata di Kalimantan Barat. sehingga masyarakat tak perlu membuka lahan dengan cara membakar.

“Distribusi alsintan itu supaya lebih merata,karna kalau di bakar produtivitasnya rendah satu hektar tidak sampai 1 ton hasilnya,” pintannya.

Dirinya menilai dengan pemerataan alsintan terhadap petani mandiri maupun kelompok tani tentu berdampak pada produktivitas pertanian Kalbar yang lebih baik kedepanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version