Melawi  

Resmikan Tiga Fasilitas Gedung Baru RSUD Melawi, Ini Pesan Khusus Bupati Melawi

Bupati Melawi resmikan mobil Antar jemput pasien milik RSUD Melawi . SUARAKALBAR.CO.ID/ Dea

Melawi (Suara Kalbar)- Bupati Melawi H Dadi Sunarya Usfa Yursa meresmikan tiga gedung baru milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Melawi yang baru saja rampung pengerjaanya, Selasa (12/7/2022) pagi

Ketiga bangunan yang diresmikan itu yakni gedung PONEK, NICU dan rumah dinas dokter. “Saya berharap dengan adanya gedung Ponek, NICU , layanan dasar kesehatan bagi masyarakat semakin prima,” pinta Bupati Melawi,H Dadi Sunarya dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta kepada para tenaga medis yang ada di RSUD Melawi dapat melaksanakan tugasnya dengan ramah, tulus dan ikhlas. Sehingga pasien merasa nyaman dalam mendapatakan pelayanan.

“Kepada pengelola RSUD Melawi, saya juga berpesan agar dapat menjaga sarana dan prasana yang ada dengan baik,” ucapnya.

Direktur RSUD Melawi, dr Gunadi Linoh menjelaskan bahwa tujuan gedung Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) adalah layanan yang disediakan untuk menangani pasien ibu hamil yang akan melangsungkan persalinan dengan status gawat darurat.”Gedung Ponek juga didukung dengan fasilitas yang memadai ,” beber Gunadi.

Dirinya berharap dengan adanya gedung Ponek ini bisa menjadi benteng terakhir pelayanan ibu dan bayi untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Melawi.

Sedangkan Gedung Neonatal Intensive Care Unit (NICU) , lanjut Gunadi merupakan ruang perawatan intensife dirumah sakit yang disediakan khusus untuk bayi yang baru lahir yang mengalami gangguan kesehatan dan memerlukan keperluan khusus.

Pembangunan gedung Ponek dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan tahun 2021 dengan pagu anggaran sebesar Rp 2.004.200.000 dan untuk Gedung Nicu dibangun dengan anggaran sebesar Rp 2.222. 090.000. Sedangkan rumah dinas dokter menggunakan APBD Melawi tahun 2021 sebesar Rp 872. 234.000.

“Dengan penambahan gedung Ponek dan NICU di RSUD Kabupaten Melawi , kami berharap RSUD Melawi bisa memberikan pelayanan yang lebih baik,” harapnya.

RSUD Melawi dalam meningkatkan pelayanannya juga mempunyai beberapa inovasi pelayanan seperti sudah ada free Wi-Fi serta menerapkan pelayanan Non tunai dengan bekerja sama dengan Bank Kalbar.”RSUD Melawi sekarang juga ada pelayanan obil antar jemput pasien (AJP) secara gratis,” bebernya.

Mobil AJP ini akan berjalan dari jam 8, 10 dan 12 ke terminal, SDF dan Pasar Laja,” tambahnya.

Pihak RSUD Melawi juga punya Sistem Pengaduan Cepat Tanggap (Sigap). Dimana kita mempunyai barkode pengaduan yang akan dipasangkan ke setiap unit pelayanan. Dengan harapan setiap pasien bisa memberikan penilaian atau pengaduan terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Melawi, Kluisen, Sekda Melawi, Paulus, Ketua Tim penggerak PKK Melawi, Ny Raisya Sarbina Dadi, dewan pengawas RSUD, serta sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemkab Melawi.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Dea Kusumah WardhanaEditor: Suhendra