Menabung Tiap Bulan, ASN Kemenag Mempawah Kurban 23 Sapi dan 4 Kambing

Kepala Kantor Kemenag Mempawah, Hasib Arista, menghadiri proses penyembelihan hewan kurban di Kantor kemenag, Senin (11/7/2022). Pada Idul Adha tahun ini, disalurkan hewan 23 ekor sapi dan 4 kambing. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Aspari

Mempawah (Suara Kalbar) – Idul Adha dikenal dengan Idul Kurban.

Seperti tahun-tahun yang lalu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah juga menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban.

Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi kali ini, Kemenag Mempawah menyalurkan hewan kurban sebanyak 23 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Kepala Kantor Kemenag Mempawah Hasib Arista menjelaskan, berkurban merupakan bukti keimanan kita mematuhi perintah Allah dan mengikuti sunah Rasulullah sebagaimana yang teladankan Nabi Ibrahim.

Berkurban merupakan sarana untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Berkurban merupakan wujud kepedulian kita kepada kaum yang lemah.

“Kurban itu simbolisasi keikhlasan kita, jiwa besar kita kepada bangsa dan negara,”ujar Hasib Arista ketika menyaksikan penyembelihan sapi di Kantor Kemenag Mempawah, Senin (11/07/2022) pagi.

Kasubbag Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Ishak, menambahkan, Kementerian Agama Mempawah rutin setiap tahun menyalurkan hewan kurban.

“Kami mengkoordinir para pegawai Kemenag Mempawah yang berniat untuk berkurban dengan menabung setiap bulan. Kita berharap tahun mendatang bertambah lagi jumlah hewan kurbannya.” terang Ishak.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Kemenag Mempawah, Bustoni, menjelaskan, mengaku bersyukur karena tahun ini Kemenag Mempawah kembali menyalurkan 23 ekor sapi dan empat ekor kambing.

“Lima ekor disembelih di Kantor Kemenag Mempawah, selebihnya didistribusikan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan madrasah negeri yang ada di Kabupaten Mempawah,” ujarnya di sela-sela memimpin prosesi penyembelihan dan pendistrubusian daging kurban.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Kantor Kemenag Mempawah, dilakukan dengan penuh kebahagiaan dan kekeluargaan.

Sebelum disembelih, sapi diperiksa kesehatannya dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Mempawah. Tim ini ditugaskan untuk memastikan kesehatan sapi yang terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan.

“Kondisi sapi sehat dan terbebas dari PMK. Aman dikonsumsi,” jelas Hardiansyah dari Dinas PKPP Kabupaten Mempawah usai melakukan pemeriksaan yang disaksikan Kasubbag Tata Usaha Ishak dan Ketua Panitia Kurban, Bustoni.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version