Bakal Diresmikan Presiden Jokowi, Lasarus Pimpin Komisi V DPR RI Kunjungi Terminal Kijing

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, saat melaksanakan kunjungan kerja di Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Selasa (12/7/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Prokopim Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus beserta anggota melaksanakan kunjungan kerja ke Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Selasa (12/7/2022) sore.

Turut hadir mendampingi, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Bupati Mempawah Erlina, mitra kerja Komisi V DPR RI, serta sejumlah pimpinan utama PT Pelindo.

“Mudah-mudahan keberadaan Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah ini dapat mendongkrak perekonomian Kalimantan Barat,” ujar Wagub Ria Norsan berharap.

Ia pun menegaskan, Pemprov Kalbar sangat mendukung agar Pelabuhan Internasional Kijing ini dapat segera beroperasi. Apalagi akan ada kontribusi penambahan PAD bagi daerah.

“Insya Allah, dari sini kita akan mendapat retribusi CPO yang sangat besar sebagai Pendapatan Asli Daerah Kalimantan Barat. Dengan kontribusi itu, maka perekonomian kita akan terangkat,” jelas dia.

Senada Ria Norsan, Bupati Erlina juga berharap Pelabuhan Kijing dapat segera beroperasi, sehingga multiplier effect-nya yang besar dapat dirasakan masyarakat dan daerah.

“Keberadaan Pelabuhan Internasional Kijing ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Mempawah,” kata Erlina.

Dengan kunjungan tersebut, Erlina berharap Komisi V DPR RI dapat mengetahui kondisi nyata yang ada di Terminal Kijing, serta berbagai kebutuhan penunjang dalam kesiapan peresmian pelabuhan nantinya.

Tak hanya itu, ia juga berharap dukungan para wakil rakyat yang duduk di DPR RI agar sumber pembiayaan pembangunan daerah tidak hanya berasal dari APBD saja, namun turut mendapatkan dukungan APBN.

“Nanti bisa dari dana DAK, dekonsentrasi maupun tugas pembantuan, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan di daerah ini,“ ujarnya.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengapresiasi beroperasinya Terminal Kijing. Apalagi Kalbar merupakan daerah penghasil CPO kedua terbesar di Indonesia.

“Kami berharap dengan keberadaan Terminal Kijing dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Mempawah, maupun Kalimantan Barat,” ujarnya.

DPR RI, imbuh dia, akan terus mendorong pemerintah untuk membangun berbagai fasilitas pendukung di Terminal Kijing, tentu terlebih dahulu harus ada perhitungan nilai ekonomisnya.

“Silahkan manfaatkan pelabuhan ini untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Mempawah dengan berbagai peluang yang ada,” ucap politisi PDI Perjuangan Dapil Kalbar ini.

Menurut rencana, Pelabuhan Internasional Kijing yang pembangunannya sudah tuntas sejak Mei 2022, akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Agustus 2022.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS